Wajib Tahu, Tips Memilih Ikan Segar

Ilustrasi ikan
Sumber :
  • Pixabay/photo-graphe

VIVA.co.id – Berbelanja ikan terkadang susah-susah gampang. Mungkin masih ada diantara Anda yang masih bingung membedakan mana ikan segar dan mana yang tidak. Agar tidak tertipu membeli ikan yang berkualitas buruk, ada baiknya Anda mengetahui cara untuk menentukan mana ikan terbaik yang akan Anda hidangkan untuk keluarga. Berikut tipsnya, dilansir laman Chef Steps.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Kejernihan mata

Sebelum membeli, perhatikan terlebih dahulu warna mata ikan. Ikan yang segar biasanya memiliki mata yang bening, bundar sempurna, basah dan sedikit mengkilap. Jika mata ikan warnanya sedikit keabu-abuan atau terbenam, itu menandakan kualitas ikan yang sudah memburuk.

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

Periksa sirip

Sirip ekor dan sirip belakang pada ikan segar biasanya terlihat basah, utuh dan terlihat sehat.

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

Tekan daging ikan

Jika memungkinkan, cobalah untuk menyentuh ikan yang dijual. Jika masih terasa dingin, basah dan licin yang tidak lengket, maka bisa dipastikan ikan masih dalam kondisi segar. Selain itu, daging ikan yang segar akan kembali ke bentuk semula jika ditekan.

Periksa insang

Perhatikan warna insang ikan. Insang pada ikan yang belum lama ditangkap biasanya berwarna merah cerah dan menjadi gelap secara perlahan. Semakin cerah warna insang, semakin segar pula ikan. Insang ikan segar biasanya terlihat bersih, dingin dan tidak licin.

Sisik ikan

Sisik berguna untuk melindungi ikan dari air yang tidak sehat. Ikan segar biasanya memiliki sisik yang lembut dan mengkilap. Sirip yang mudah lepas, kering dan rapuh menandakan kondisi ikan tidak lagi segar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya