Makanan Ini Efektif Usir Napas Bau Bawang Putih

Bawang putih.
Sumber :
  • Pixabay/postchiangmai0

VIVA.co.id – Meskipun bawang putih baik untuk kesehatan, banyak orang cenderung menghindarinya karena bau mulut yang dihasilkan. Nah, baru-baru ini sebuah studi mengungkapkan bahwa mengonsumsi apel mentah, daun mint atau selada setelah mengonsumsi bawang putih dapat membantu mengurangi bau menyengat di mulut.

Daftar Harga Pangan 26 Maret 2024: Bawang, Daging Sapi, hingga Telur Ayam Naik

Napas bau bawang putih  disebabkan oleh volatil, termasuk diallyl disulfide, alil mercaptan, alil metil disulfida, dan allyl methyl sulfide yang terkandung didalam bawang putih, kata para peneliti dari Ohio State University. Dalam studi tersebut, tim memberikan peserta tiga siung bawang putih yang beratnya 28 gram.

Mereka lantas diharuskan untuk mengunyahnya selama 25 detik. Mereka lantas diberikan apel mentah, daun mint dan selada untuk dikonsumsi.

Daftar Harga Pangan 21 Maret 2024: Daging Sapi hingga Telur Ayam Naik

Seperti dilansir dari Boldsky, temuan menunjukkan bahwa apel mentah dan selada mentah menurunkan konsentrasi volatil, yang merupakan penyebab utama timbulnya bau bawang putih, sebesar 50 persen atau lebih. Daun mint memiliki tingkat deodorisasi lebih tinggi dibandingkan dengan apel mentah dan selada mentah untuk semua senyawa volatil yang diukur.

Menurut para peneliti, makanan mendeodorisasi napas bawang putih melalui dua mekanisme.

10 Pengobatan Rumahan Alami dan Efektif untuk Meningkatkan Jumlah Sperma Pria

Pertama, enzim dalam makanan mentah membantu menghancurkan bau, dan kemudian, fenolik, senyawa kimia yang terdiri dari kelompok hidroksil (-OH) yang terikat langsung ke grup hidrokarbon aromatik, baik di makanan mentah dan dimasak, ampuh menghancurkan volatil.

Inilah sebabnya mengapa makanan mentah umumnya lebih efektif mengusir bau bawang putih karena mengandung kedua enzim dan senyawa fenolik, kata Rita Mirondo dari Ohio State University, dalam makalah yang diterbitkan dalam Journal of Food Science.

Presiden Jokowi saat berkunjung ke Pasar Salakan, Kabupaten Banggai Kepulauan, Provinsi Sulawesi Tengah.

Harga Bawang Putih Rp 60 Ribu di Sulteng, Jokowi: Ini yang Agak Mahal, tapi Secara Umum Baik

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menemukan harga komoditas bawang putih mengalami kenaikan menjadi Rp 60.000 per kilogram (kg).

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024