Cara Pintar Membuang Minyak Jelantah

ilustrasi minyak goreng.
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – Minyak goreng bekas pakai biasa disebut dengan jelantah seringkali tak digunakan kembali jika sudah digunakan lebih dari dua kali. Kebanyakan para ibu, memilih membuangnya di saluran air. Dan cara ini, selain bisa mencemari lingkungan, saluran pembuangan juga akan mudah tersumbat.

Enggak Bisa Sembarangan, Ini 3 Aturan Bikin Salad Sehat

Namun seperti diketahui, minyak susah menyatu dengan air. Dan tentu saja, membuang minyak bekas pakai bisa menjadi hal yang sulit. Ganti kebiasaan buruk Anda membuang minyak dengan cara di bawah ini dilansir laman Food Beast.

Tissu
Cara ini sangat terbilang mudah. Setelah selesai menggoreng atau menumis. Diamkan wajan hingga dingin lalu bersihkan dengan tissu.

5 Tips Tetap Sehat Meski Suka Makan Daging Bakar

Gunakan Kembali
Jika Anda menggoreng sesuatu dengan minyak hewani, pasti Anda tidak ingin membuangnya dengan sia-sia. Setelah digunakan saring minyak tersebut dari ampas sisa makanan sebelumnya, tuangkan dalam sebauh wadah. Dinginkan bebereapa saat, lalu simpan dalam lemari pendingin.

Kantong plastik
Jika Anda memiliki sisa minyak goreng yang tidak akan dipakai kembali, biarkan minyak yang sudah digunakan menjadi dingin dan masukkan ke dalam kantong plastik lalu buang ke tempat sampah.

Tak Banyak yang Tahu, 4 Alat Masak Ini Ternyata Beracun

Tong Minyak
Biasanya digunakan oleh restoran. Namun jika Anda memasak dalam jumlah besar setiap hari mungkin Anda memerlukan benda ini. Jadi Anda tinggal menumpuk sisa minyak goreng dalam satu tempat sebelum membuangnya ke tempat sampah.

(mus)

Kentang goreng.

RESEP: Kentang Goreng Senikmat di Restoran, Namun Jauh Lebih Sehat

Anda tak perlu menggorengnya. Cukup dipanggang di dalam oven.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2019