Lima Makanan Ini Tingkatkan Kualitas Tidur

Susu Kacang Almond
Sumber :
  • VIVA.co.id

VIVA.co.id – Kita sudah tahu bahwa beberapa makanan akan membuat Anda tetap terjaga di malam hari dan tidak sedikit yang mencoba menghindarinya. Namun, tidak semua makanan menyebabkan demikian. Beberapa makanan dan minuman berikut justru dapat membuat Anda tidur nyenyak.

5 Kebiasan Sebelum Tidur Orang Sukses agar Lebih Produktif

Dilansir laman Sleep, makanan yang mengandung tryptophan, karbohidrat dari gandum utuh, magnesium, kalsium dan beberapa tumbuhan herbal dapat membuat Anda tidur lelap. Tryptophan dan karbohidrat di atas mampu meningkatkan hormon serotonin dan melatonin di otak, kandungan lain berfungsi untuk membuat tubuh lebih santai. Berikut makanan atau minuman yang bisa Anda nikmati untuk membuat tidur Anda makin lelap.

Pisang dan kacang almond

Ilmuwan Bikin Aplikasi Tidur Nyenyak

Mengonsumsi setengah bagian pisang dengan segenggam almond sebelum tidur mampu membuat Anda terlelap. Perpaduan tryptophan, karbohidrat dan magnesium yang menenangkan dapat membuat pikiran Anda tenang dan membuat kualitas tidur menjadi lebih baik. Anda bisa gunakan cherry sebagai pengganti pisang, Cherry juga merupakan sumber alami dari melatonin.

Biskuit gandum utuh dengan selai kacang

Rahasia Tidur Lebih Nyenyak

Duet kabrohidrat dari gandum utuh dan tryptophan bisa membuat tidur Anda menjadi lelap.

Susu hangat

Minum susu sebelum tidur sangat dianjurkan dan mampu membuat Anda tidur dengan lelap. Kandungan tryptophan, kalsium dan magnesium dalam segelas susu hangat mampu membuat tidur Anda nyenyak.

Susu

Semangkuk kecil sereal gandum utuh

Jika ingin tidur nyenyak, cobalah mengonsumsi satu mangkuk kecil sereal gandum sebelum tidur. Usahakan tidak mengandung banyak gula karena akan membuat kadar gula darah meningkat.

Teh nonkafein

Teh nonkafein didapat dari seduhan kelopak bunga misalnya chamomile, mawar, dan melati. Manfaatnya adalah efek relaksasi, tambahkan madu untuk meningkatkan khasiatnya.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya