Rahasia Tidur Lebih Nyenyak

Ilustrasi tempat tidur.
Sumber :
  • Pexels/Kristin Vogt

VIVA.co.id – Tidur adalah salah satu faktor penting yang memengaruhi kesehatan Anda. Menurut survei yang dilakukan oleh Centers For Diesease Control and Prevention, Amerika Serikat, sekitar 40 juta penduduk Amerika menderita gangguan tidur kronis, dan tampaknya tidak sedikit pula orang di luar sana yang menderita gangguan yang sama.

5 Rahasia Tidur Nyenyak Tanpa Cemas, Usir Insomnia dengan Tips Ampuh Ini!

Untuk mengatasi hal tersebut, berikut beberapa tips sederhana yang bisa Anda ikuti untuk mendapat kualitas tidur yang lebih baik, seperti dilansir dari laman Lifehack.

Mandi air hangat

5 Posisi Bercinta yang Bikin Cepat Orgasme dan Tidur Jadi Nyenyak

Mandi air hangat dapat membantu menstabilkan suhu tubuh dan membuat tidur Anda lebih nyenyak. Ketika Anda keluar dari kamar mandi, otak memberi pertanda bahwa sudah waktunya bagi Anda untuk tidur.

Jangan selimuti kaki

Mandi Air Hangat Ternyata Bisa Bakar Kalori Hingga Turunkan Gula Darah

Anda bisa terlelap lebih cepat jika kaki Anda berada di luar selimut. Karena ritme biologis dan suhu tubuh naik turun sepanjang hari, cara ini dianggap ideal karena ketika suhu tubuh mulai turun saat sebelum tidur, suhu yang lebih dingin akan memicu rasa kantuk.

Sensasi yang Anda dapat ketika membiarkan kaki di luar selimut hampir sama dengan sensasi mandi air hangat sebelum tidur.

Hindari cahaya terang sebelum tidur

Cahaya biru dari televisi, ponsel dan komputer dapat menurunkan produksi hormon melatonin dalam tubuh sehingga Anda susah merasakan kantuk setelahnya. Anda bisa mengurangi paparan sinar ini dengan menggunakan kacamata berwarna gelap.

Mengurangi cahaya ruangan

Cahaya memicu otak untuk tetap aktif dan terus bekerja. Namun, ketika cahaya lampu mulai berkurang, keaktifan otak juga akan menurun. Jika Anda ingin cepat tidur dan mendapatkan tidur yang nyenyak, kurangi paparan cahaya atau matikan lampu ruangan Anda. Jika Anda takut gelap, Anda bisa gunakan lampu tidur.

Memakai wewangian

Menurut sebuah artikel yang ditulis dalam Wall Street Journal, menyemprot atau mengoleskan wewangian aroma lavender pada sprei atau ruangan akan membuat Anda lebih nyaman dan mudah terlelap. Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Miami School of Medicine, aroma lavender telah terbukti mampu menurunkan irama jantung, menurunkan tekanan darah dan membuat Anda merasa lebih rileks.

Hindari merokok sebelum tidur

Seperti kafein, nikotin dalam rokok merupakan stimulan yang dapat membuat Anda tetap terjaga di malam hari.

Ilustrasi tidur

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya