Mengapa Mengiris Bawang Bombay Bikin Menangis?

Bawang bombai.
Sumber :
  • Pixabay/stevepb

VIVA.co.id – Sepertinya, tak peduli bagaimana pun perasaan hati Anda, rasanya sulit menghindari aliran air mata ketika mengiris bawang di dapur. Ini pemandangan yang umum terjadi dan dihadapi setiap orang.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Penyebab kenapa bawang membuat Anda menangis  karena kandungan molekul yang disebut dengan asam amino sulfoksida.

Ketika Anda mengirisnya, molekul tersebut akan terlepas dan membentuk semacam asam. Saat molekul itu bereaksi dengan udara dan gas dan mengenai mata Anda, gas tersebut memicu mata untuk menciptakan asam sulfurik yang membuat mata panas dan berair.

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

Air mata pun terus terpancing seiring dengan upaya mata untuk mencoba menghilangkan rasa menyengat itu.

Nah, kalau Anda ingin menghilangkan efek pedih di mata saat mengupas bawang, berikut adalah beberapa trik seperti dilansir dari laman The Sun.

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

Menyalakan lilin

Api dari lilin akan menghilangkan uap yang menghasilkan gas pedih dari bawang. Tanpa adanya gas tersebut, mata Anda seharusnya tidak akan banyak berair.

Didinginkan

Sebelum Anda mengiris bawang, masukkan dahulu ke dalam freezer selama 15 menit. Suhu dingin akan membuat bawang berhenti mengeluarkan molekul yang menyebabkan mata pedih. Selain itu, mengiris bawang di air juga bisa menjadi cara efektif karena air akan menghentikan uap gas mengenai mata Anda.

Direndam

Merendam bawang setelah dikupas sebelum mengirisnya akan menghilangkan kandungan yang membuat pedih di dalamnya. Artinya, tidak akan banyak reaksi yang terjadi pada mata Anda.

Gunakan sendok

Mitos zaman dahulu yang mengatakan untuk menggigit sendok saat mengiris bawang ternyata memang berhasil. Hal itu karena bahan kimia dari bawang akan terikat pada bahan logam sendok sebelum mengenai mata Anda.

Sambil mengunyah

Beberapa orang menyarankan untuk mengunyah sebagian roti dan sebagian lagi dibiarkan menggantung di mulut. Roti yang menggantung ini diyakini dapat menangkap beberapa bahan kimia dari bawang sebelum mengenai mata Anda.

Selain itu, mengunyah permen karet juga dapat membantu karena membuat Anda bernapas melalui mulut. Hal ini membuat gas yang membuat mata berair lebih menyebar sehingga tidak membuat Anda menangis.

Ilustrasi bawang bombai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya