Lima Alat yang Harus Ada Saat Memasak dengan Anak

Ilustrasi anak memasak.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Mengajak anak untuk memasak, bisa menjadi salah satu cara menyenangkan yang murah dan juga mendidik. Memasak dengan anak-anak, tidak jauh berbeda dari memasak sehari-hari. Tetapi, 'koki kecil' ini memerlukan beberapa alat untuk membuat waktu mereka di dapur lebih mudah.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Sebagai orangtua, juga harus cermat memilih alat jika mengajak si kecil memasak. Untungnya, sebagian besar alat-alat ini murah, mudah ditemukan, dan beradaptasi untuk si kecil.  Dilansir dari The Kitchn, berikut lima alat yan bisa digunakan ketika memasak dengan sang buah hati.  

Bangku pijakan

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

Sebuah bangku pijakan bisa memudahkan anak memasak, hal ini karena dapat membantu mereka mencapai meja. Anda dapat membuat dua bangku pijakan standar untuk koki kecil berusia tiga tahun, atau lebih.

Mangkuk plastik

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

Di usianya yang masih dini, rasa ingin tahu si kecil sangat tinggi. Untuk menjaga seluruh peralatan dapur, terutama yang mahal, baiknya gunakan mangkuk, atau piring yang terbuat dari plastik. Mangkuk yang terbuat dari plastik tidak akan mudah pecah, saat sang buah hati bereksperimen. 

Pisau kecil

Pertimbangkan pisau dengan gagang kecil untuk anak. Selain itu, baiknya gunakan pisau bergerigi yang biasa digunakan untuk memotong roti, atau makanan lunak. Dengan begitu, si kecil tetap bisa mencontoh Anda saat mengiris makanan tanpa takut terluka. 

Tatakan talenan

Selain menggunakan pisau yang aman, baiknya gunakan tatakan pada talenan,  agar tidak meleset ketika anak Anda tengah memotong sesuatu. Anda bisa memilih talenan yang anti selip untuk menjaga keselamatan si kecil

Mixer tangan

Sebuah mixer tangan adalah cara baik jika berencana membuat kue dengan kecil. Karena stand mixer berpotensi berbahaya bagi tangan-tangan kecil, yang mungkin ingin meraih mixer sedang menyala. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya