Rahasia Sukses Bikin Kue Lebaran Lezat

Kue cokelat.
Sumber :
  • Pixabay/varintorn

VIVA.co.id – Menjelang bulan Ramadan dan perayaan Hari Raya Idul Fitri pastinya penawaran dari para penjual kue Lebaran sudah dimulai dari jauh-jauh hari. Untuk kali ini, tidak ada salahnya Anda membuat kue sendiri, selain lebih hemat juga terasa spesial.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Biasanya orang tak mau membuat kue sendiri karena takut gagal, padahal ada cara mudah yang bisa dilakukan untuk menghindari kegagalan dalam membuat kue. Berikut ini di antaranya, menurut siaran media dari Cookpad yang diterima VIVA.co.id, Jumat, 12 Mei 2017.

Memilih tepung terigu sesuai dengan kebutuhan

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

Sebagai bahan utama pembuatan kue, terigu terbagi menjadi tiga tingkat berdasarkan kandungan proteinnya. Untuk membedakannya, Anda bisa melihat tulisan di kemasan terigu tersebut.

Sangat disarankan Anda menggunakan jenis tepung terigu yang tepat untuk mengolah makanan yang tepat. Jangan sampai memakai tepung terigu protein tinggi untuk membuat kue kering karena hasilnya nanti bakal alot. Jangan juga membuat roti menggunakan tepung terigu protein rendah karena nanti hasil rotinya bantat.

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

Memilih telur yang baik

Telur dengan kondisi baik bisa dilihat dari kekentalan putih telur saat dibuka. Telur idealnya disimpan pada suhu ruangan, dan sebaiknya Anda menghindari menyimpan telur di dalam lemari es jika akan digunakan untuk membuat kue.

Memilih gula yang tepat untuk macam-macam kue

Seperti halnya tepung terigu, pemilihan gula dalam kue tergantung dari jenis kue yang akan dibuat. Gula pasir adalah gula putih yang biasa digunakan sehari-hari dengan tekstur yang lebih kasar.

Gula castor adalah gula putih yang memiliki tekstur lebih halus dibanding gula pasir. Sering digunakan untuk membuat kue karena lebih bisa menghasilkan kue yang renyah dan warna yang bagus. Sedangkan gula jawa (palm sugar) biasa digunakan untuk muffin atau brownies karena akan menghasilkan tekstur yang kenyal.

Ilustrasi membuat kue.

Teknik pengocokan dan pengadukan adonan

Menggunakan mixer akan jauh lebih baik hasilnya jika Anda memulainya dengan kecepatan rendah terlebih dahulu, kemudian naikan kecepatan secara bertahap untuk mengembangkan adonan. Sedangkan, menggunakan spatula, gunakan teknik aduk balik secara perlahan sampai adonan tercampur rata. Hal ini penting untuk dilakukan agar adonan tidak kempis atau kembali cair

Memanggang adonan

Sebelum adonan kue dipanggang, Anda sebaiknya memanaskan oven terlebih dahulu selama kurang lebih 10 menit agar proses pengembangan kue sempurna. Saat memasukkan adonan, suhu oven tidak boleh terlalu tinggi.

Ini akan mengakibatkan kematangan yang tidak sempurna, di mana pinggiran kue sudah gosong sementara bagian dalam kue masih mentah. Namun, suhu juga jangan terlalu rendah karena bisa mengakibatkan kue menjadi bantat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya