Tips Jitu Membuat Kue Anti-Gagal

Ilustrasi membuat kue/roti.
Sumber :
  • Pixabay/markusspiske

VIVA.co.id – Membuat kue memang susah-susah gampang. Salah sedikit saja bisa jadi Anda harus mengulang seluruh langkah pembuatan dari awal.

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

Hal yang paling sederhana yang perlu Anda perhatikan saat membuat kue adalah saat mencampur bahan kering dan basah. Hal ini memang sepele, namun ternyata memberi pengaruh besar pada hasil kue Anda nantinya.

Menurut Nugraha Ali Gunawan, juru masak dari Anchor Food Professionals, proses pencampuran bahan kering dan basah sebaiknya dilakukan terpisah. Misalnya, telur dan gula dikocok terlebih dahulu sebelum dicampur dengan bahan kering.

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

"Kalau bikin cake, telur sama gula dikocok bersamaan terlebih dahulu. Bahan yang kering semua dicampur jadi satu," kata pria yang akrab dipanggil Chef Petrus tersebut kepada VIVA.co.id baru-baru ini.

Lebih baik lagi, kata Chef Petrus, jika bahan kering seperti tepung terigu diayak terlebih dahulu agar lebih mudah menyatu dengan bahan kering lainnya.

dr. Zaidul Akbar: Begini Cara Mengolah Daging yang Sehat

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa langsung mencampur seluruh bahan tanpa proses ayak akan membuat kue berpotensi tidak mengembang sempurna saat dipanggang.

"Kalau diadon seperti biasa, tidak semua tepung kebagian partikel baking powder sehingga saat dipanggang tidak naik semua, tingginya tidak rata," kata dia.

Bawang Putih

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Food preparation atau menyiapkan bahan makanan menjadi jalan keluar yang paling pas. Terutama untuk bumbu-bumbu dapur seperti bawang yang menjadi bumbu dasar masakan

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2024