Jangan Hangatkan Sisa Nasi

Nasi dan lauk
Sumber :
  • delish.com

VIVA.co.id – Menghangatkan kembali nasi goreng atau olahan nasi sisa makan malam masih banyak dilakukan orang. Namun ternyata kebiasaan tersebut tidak baik untuk kesehatan tubuh. Hal ini dimuat dalam laman resmi milik National Health Service (NHS), Inggris.

5 Trik Masak Nasi yang Pulen Sempurna

Salah satu dampak mengonsumsi nasi yang dihangatkan kembali ini adalah keracunan. Bukan karena proses pemanasannya, melainkan bagaimana nasi tersebut disimpan setelah dimasak hingga dipanaskan kembali. 

Dilansir laman Delish, Selasa 4 Juli 2017, nasi yang tidak dimasak biasanya mengandung spora bakteri Bacillus Cereus, salah satu bakteri penyebab keracunan makanan. Bakteri ini akan semakin bertahan saat nasi dimasak. 

Tips Hilangkan Kerak Gosong pada Panci

nasi putih

Semakin lama nasi yang sudah dimasak didiamkan dalam suhu ruang, semakin besar kemungkinan bakteri tersebut berkembang dan menjadikan nasi tersebut tidak aman untuk dikonsumsi. Artinya, penting bagi Anda untuk menyimpan nasi dengan cara yang tepat jika ingin mengonsumsinya kembali.

Terungkap Rahasia Nasi Nikmat Seperti di Restoran

Salah satu cara menghindari food-poisoning dari nasi tersebut, sajikan nasi secukupnya dan jangan biarkan terlalu lama di suhu ruang. Segera dinginkan nasi yang tersisa, jangan biarkan nasi terpapar suhu ruang lebih dari satu jam.

Anda bisa menyimpan nasi di dalam lemari pendingin, namun jangan lebih dari satu hari, lalu menghangatkannya kembali. Dan ingat, pastikan nasi kembali dipanaskan dengan suhu tinggi dan hindari memanaskan nasi lebih dari satu kali. (mus)
 

Ilustrasi beras.

Ternyata Ini Alasan Beras Harus Direndam Dulu Sebelum Dimasak

Merendam beras sebelum dimasak mampu membantu mengasimilasi kualitas gizi dan meningkatkan saluran pencernaan.

img_title
VIVA.co.id
14 Mei 2021