Apa Sih Bedanya Baking Soda dan Baking Powder?

Ilustrasi baking soda.
Sumber :
  • Pixabay/evitaochel

VIVA.co.id – Kesulitan membedakan baking powder dan baking soda? Tenang, Anda tidak sendiri. Ini juga dialami oleh banyak orang.

Resep Menu Sehat dan Mudah untuk Halal Bihalal: Sajikan Hidangan yang Berkesan

Keduanya memang serupa, tapi tak sama. Wajar saja, bentuk mereka sangatlah mirip dan terkadang digunakan bersamaan di satu resep makan yang sama.

Namun, jika ingin menggunakan salah satu di antara keduanya ini, Anda harus tahu perbedaannya. Berikut sedikit penjelasan yang akan membantu Anda, seperti yang dilansir dari laman Real Simple, Rabu, 5 Juli 2017.

Terpopuler: Siapkan Ranjang dengan Gaya Baru, The Jungle Kasih Banyak Promo dan Hadiah

Baking soda

Menurut Susan Reid, juru masak dan editor kuliner majalah Sift, baking soda adalah mineral dasar yang ketika dikombinasikan dengan bahan bersifat asam akan menghasilkan karbondioksida.

Lebaran Sehat! Resep Sayur Praktis dan Lezat Tanpa Santan, Cocok untuk Anak-anak

"Biasanya pada cairan, hasilnya berupa gelembung. Gelembung tersebut dapat mengangkat noda atau surfaktan (bahan aktif permukaan)," kata Reid.

Biasanya pada banyak resep kue, baking soda kerap didampingi bahan bersifat asam seperti molasse (pemanis), sirup mapple dan air lemon. Baking soda di sini akan bertindak untuk pengangkat adonan.

"Hasil makanan menggunakan baking soda biasanya memiliki warna lebih gelap dan tekstur yang renyah, namun terlalu banyak baking soda akan membuat kue menjadi pahit dan rasanya seperti sabun," jelasnya.

Selain memasak, baking soda juga dapat digunakan sebagai pembersih, hampir untuk semua keperluan, seperti mengatasi saluran air yang mampat atau menghilangkan bau pada karpet.

Baking powder

Bahan yang satu ini sebenarnya baking soda yang sudah dicampur dengan bahan asam lain. Seperti baking soda, baking powder juga memiliki fungsi untuk mengangkat adonan agar tidak bantat.

Namun, fungsi ini akan berkurang jika baking powder tidak disimpan di tempat sejuk dan kering. Sebaiknya simpan baking powder di tempat kering karena kelembapan akan menimbulkan reaksi kimia pada baking powder.

Saat membeli baking powder, perhatikan pula label yang tertera pada kemasan karena biasanya bahan ini dijual dalam dua jenis yaitu single acting dan double acting (BPDA).

Baking powder single acting akan segera bereaksi saat dicampur dengan cairan lain, namun baking powder double acting akan bekerja dalam dua tahap yaitu saat dicampur dengan cairan dan suhu panas.

"Karena kadar soda dan asam yang sudah pasti, sangat mudah untuk mendapatkan hasil yang sempurna jika digunakan dalam kadar yang tepat," kata Reid. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya