Tiga Cara Mudah Kenali Telur yang Sudah Busuk

Telur.
Sumber :
  • Pexels/unsplash

VIVA.co.id – Manfaat telur bagi tubuh dan kegunaannya dalam setiap hidangan memang tidak perlu diragukan lagi. Tapi tentu saja tidak ada yang ingin secara tak sengaja menggunakan telur busuk saat memasak.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Selain tidak enak disantap, telur busuk juga bisa membawa berbagai bakteri yang bisa menyebabkan diare dan gangguan pencernaan.  Untuk itu, penting mengetahui cara mengenali telur yang sudah busuk. Dilansir dari Metro.co.uk, Jumat, 25 Agustus 2017, berikut tiga cara mudahnya.

Tenggelamkan di dalam air

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

Dari sekian banyak cara yang ada, menenggelamkan telur dalam air adalah cara paling mudah untuk mengetahui kondisi telur yang masih baik atau sudah busuk.

Masukkan telur ke dalam semangkuk air. Jika tenggelam, berarti telur ini segar. Jika miring ke atas atau mengapung maka bisa jadi kualitasnya sudah buruk.

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

Hal ini terjadi karena seiring bertambahnya usia telur, kantong udara kecil di cangkangnya mengembang. Itu akan membuat telur tersebut lebih mudah terapung.

Cium baunya

Cangkang telur memang sangat kuat sehingga saat bagian dalam telur sudah membusuk, Anda tak bisa mengetahuinya. Tentu saja Anda harus memecahkan telur ke dalam mangkuk dan mulai mencium baunya sebelum dimasak.

Gunakan lilin

Tes ini sedikit lebih rumit, tapi masih mudah dipahaminya. Namanya candling. Anda harus mematikan lampu di dalam ruangan hingga benar-benar gelap, lalu pegang lilin yang sudah menyala di belakang telur. Anda bisa juga menggunakan korek api.

Miringkan telur dengan cepat dan Anda mungkin bisa melihat gelembung udara kecil bergerak di dalam cangkangnya. Jika gelembung besar terlihat jelas, ini bisa berarti telur sudah terlalu lama disimpan dan kualitasnya sudah menurun.

Jika Anda bisa melihat cahaya melalui (menembus) telur, maka telur tersebut aman dikonsumsi.

Selamat mencoba!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya