Tips Jitu Bikin Kue Anti Bantat

Ilustrasi kue cokelat.
Sumber :
  • Pexels/Alexander Dummer

VIVA.co.id – Membuat kue, baik yang dipanggang atau dikukus terbilang susah-susah gampang. Salah satu tantangan ialah membuat kue yang tidak bantat dan mengembang sempurna.

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

Menurut Ibnu Pratama, Excecutive Chef The Harvest Pattisier and Chocolatier, ada beberapa tips yang wajib Anda ketahui sebelum membuat kue agar hasilnya tidak keras.

"Kalau kue tanpa dipanggang, kuncinya pakai gelatin. Itu sejenis agar-agar untuk menguatkan adonannya. Kalau dipanggang pakai pakai telur. Yang pasti kalau dipanggang itu telurnya enggak boleh kurang, harus pas takaran telur sama butter-nya," ucap Ibnu saat ditemui di The Harvest Senopati, Jakarta Selatan, Selasa, 19 September 2017.

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

Untuk kue yang dipanggang sendiri, penggunaan telur dan butter menyesuaikan dengan ukuran kue yang dibuat. Perbandingan yang diberikan oleh Ibnu, yakni untuk satu kilogram adonan, menggunakan 200 gram telur dan 100 gram butter.

Sementara untuk kue yang tidak dipanggang, selain menggunakan gelatin juga bisa menggunakan whipped cream. Di samping itu, suhu dan lama proses pemanggangan juga memengaruhi tekstur kue.

dr. Zaidul Akbar: Begini Cara Mengolah Daging yang Sehat

"Kalau suhunya setting-nya terlalu tinggi, cepat matang di luar tapi dalamnya mentah. Akhirnya kue naik dan turun lagi dan bantat. Kalau (suhu) terlalu kecil, naik tapi dalamnya keras," ujar dia.

Ibnu juga menambahkan, kue dengan adonan yang cenderung cair, bisa dipanggang di dalam oven dengan suhu 180 derajat Celsius. Sementara untuk adonan yang konsistensinya sedikit padat atau kental bisa dipanggang pada suhu 160 derajat Celsius.

Bawang Putih

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Food preparation atau menyiapkan bahan makanan menjadi jalan keluar yang paling pas. Terutama untuk bumbu-bumbu dapur seperti bawang yang menjadi bumbu dasar masakan

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2024