Tips Percantik Hidangan ala Restoran Bintang Lima

Ilustrasi makanan/menghias makanan
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA – Saat berkunjung ke restoran, terutama yang berbintang, selain memanjakan lidah, hidangan disajikan dengan presentasi yang memanjakan mata. Butuh bakat alami, atau latihan untuk menghasilkan presentasi makanan yang cantik dan menarik.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Pengerjaannya memang susah-susah gampang. Jika tidak menggunakan bahan dan komposisi yang tepat, hidangan justru jadi berantakan dan tidak enak dilihat. Karena itu, ada baiknya mengikuti beberapa tips food plating, seperti dilansir dari laman The Art of Plating, Senin 4 Desember 2017. Selamat mencoba!

Gunakan warna tegas dan berani

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

Untuk piring berwarna putih, Anda bisa gunakan warna kuning, atau oranye. Usahakan warna yang dipakai mendukung satu sama lain. Warna earthy bisa disandingkan satu sama lain seperti cokelat dan hijau, kuning, dan hitam.

Beri detail

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

Kemampuan desain diperlukan saat plating. Anda bisa hias hidangan Anda dengan tetesan saus untuk menciptakan hidangan yang terlihat lucu dan indah. Tetapi, menghias hidangan tak harus selalu ramai, terkadang less is more, sederhana lebih baik.

Gunakan wadah yang tidak biasa

Anda bisa kreasikan sendiri sesuai keinginan. Hidangan dengan banyak cairan, hendaknya disajikan dalam wadah dengan pinggiran yang lebih tinggi. Untuk hidangan berukuran kecil, bisa disajikan di wadah datar.

Garnish

Gunakan bahan yang menarik perhatian dan bisa dimakan, tetapi dengan tidak merusak rasa makanan kelak. Kuncinya, sajikan makanan dalam presentasi menarik, bukan makanan yang hanya dijadikan pajangan.

Buat rencana

Anda harus tahu apa yang akan disajikan. Artinya, Anda sudah tahu akan seperti apa warna, tekstur dan ukuran hidangan saat selesai dimasak. Sebaiknya sajikan sesuai porsi, jangan menuangkan semua hidangan dalam satu wadah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya