Peran Ibu dan Ayah dalam Keluarga, Siapa Paling Dominan?

Ilustrasi keluarga.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Selama ini, peran ibu selalu diasosiasikan dengan mengasuh anak dan mengelola rumah tangga. Padahal, peran ibu yang sebenarnya jauh lebih besar dari dua peran tersebut. Salah satunya adalah menjaga kesehatan keluarga.

Peran Ayah dalam Mendidik Anak Sesuai Tuntunan Alquran dan Hadis

Bahkan, sebuah data menyebutkan bahwa peran ibu tidak hanya mengasuh dan mengelola rumah tangga. Tetapi, meski data menyebutkan demikian, seringkali para ayah justru merasa besar kepala dan menganggap dirinya meluangkan waktu lebih besar bagi anak dari yang seharusnya.

"Ketika para ayah ini ditanya, siapa yang paling banyak mengerjakan tugas rumah tangga, mereka sering menduga mereka meluangkan waktu lebih besar dari seharusnya. Termasuk, para ayah zaman sekarang yang banyak terlibat dalam pengasuhan," ujar Vera, saat ditemui di sebuah acara di Jakarta.

Tips Memberi Pemahaman Soal Keuangan kepada Anak

Padahal, pada kenyataannya waktu yang diluangkan ibu dua kali lebih panjang dari ayah. Jika ayah main dengan anak satu jam, ibu bisa bermain selama dua jam, bila ayah melihat anaknya tidur selama 10 menit, ibu bisa melihat anaknya tidur 20-30 menit.

Selain itu, Vera menambahkan, ibu juga memiliki peran untuk menyejahterakan keluarga. Peran yang satu ini berhubungan dengan mencari solusi masalah kesehatan di rumah yang juga terkait dengan pemilihan makanan dan minuman.

Moms, Ini Cara agar Tak Mudah Stres dan Bisa Bonding dengan Anak

"Anak di rumah minumnya apa, itu sebagian dari mental work ibu. Mengoordinir rumah tangga," lanjutnya. (asp)

Program Kesehatan SIGAP

Lebih dari Sekedar Antar ke Posyandu, Ini Peran Penting Ayah untuk Kesehatan Anak

Munculnya berbagai masalah kesehatan di masyarakat membuat pemerintah Indonesia menambahkan fokus yang lebih mendalam terhadap kondisi anak-anak

img_title
VIVA.co.id
29 Februari 2024