Empat Sifat Positif Doraemon yang Bisa Ditiru Anak

Doraemon saat bersama anak-anak sekolah di Jakarta beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • Antara/Zabur Karuru

VIVA – Mengenalkan anak pada karakter baik juga bisa melalui tokoh kartun. Salah satu karakter yang dapat menjadi contoh adalah Doraemon. Karakter robot kucing asal Jepang yang sudah tayang di layar kaca Indonesia sejak tahun 1988 ini, memiliki banyak nilai moral positif yang bisa dicontoh anak.

Ada Smartwatch Baru Tampil di PRJ, Desain Girly Harga Rp400 Ribu

Seperti yang dikatakan oleh Helena Irma, Managing Director PT Berkat Animasi Internasional Indonesia, ada empat hal yang dapat ditiru dari sifat Doraemon.

"Karakter Doraemon merupakan sosok humble (ramah) yang mengajarkan banyak nilai moral yang positif seperti dream, hope, love, dan friendship, " ucapnya saat ditemui dalam acara konferensi pers Doraemon School Adventure di Jakarta, Selasa, 27 Maret 2018.

5 Manga Ditinggal Mati Penciptanya, Ada Shin Chan Sampai Doraemon

Karakter Doraemon

Lanjut Helena, Doraemon mengajarkan untuk tidak takut mengejar mimpi, walau sesulit apa pun dan kerap jatuh bangun, namun Doraemon mengajarkan untuk terus bangkit dan berjuang.

Penggemar Berat, Pasangan ini Buat Pelaminan Bertema Doraemon

Hope merupakan sebuah harapan di mana ketika Nobita merasa putus asa akan kegagalannya baik dalam mencapai nilai baik, atau pertemanan, Doraemon selalu ada untuk memberi nasihat dan membantunya menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Kemudian Love, Doraemon mengajarkan untuk selalu mencintai, menghormati keluarga, dan guru. Doraemon menginspirasi anak-anak bahwa meski telah menjadi orang yang kaya, hebat, dan pintar, mencintai, menyayangi, serta menghargai keluarga,  dan orang-orang yang lebih tua merupakan suatu kewajiban.

Pada aspek friendship, pertemanan. Ketika berbaur di dalam suatu lingkungan, semua orang tidaklah dapat menerima, dan memiliki sifat yang sama. Namun dari perbedaan tersebut Doraemon mengajarkan untuk mencoba saling mengerti, menghargai, dan tidak pilih-pilih saat teman membutuhkan pertolongan. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya