10 Ungkapan Inspiratif Rayakan Hari Buku Nasional 2018

Sorot Buku - Membaca Buku - Perpustakaan - kios buku
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Agus Bebeng

VIVA – Hari pertama puasa Ramadan tahun 2018 ini bertepatan dengan Hari Buku Nasional, 17 Mei. Hari Buku Nasional berbeda dengan Hari Buku Sedunia (World Book Day). Sudah tahu belum sejarahnya?

Gara-gara Gadget, Tradisi Anak Menulis di Buku Rendah

Hari Buku Sedunia diperingati tiap 23 April, pertama kali diselenggarakan pada tahun 1995 dan diinisiasi oleh Perserikatan Bangsa Bangsa melalui UNESCO untuk mempromosikan kegemaran membaca, serta penerbitan hak cipta pada masyarakat seluruh dunia.

Ciri anak jenius salah satunya gemar membaca buku sejak usia dini

5 Fakta Mengejutkan Hari Buku Sedunia

Sedangkan Hari Buku Nasional, sudah ada sejak 1980 silam, yang menandai momentum peresmian Perpustakaan Nasional oleh Menteri Pendidikan RI pada masa itu, Bapak Abdul Malik. Tujuannya tentu saja meningkatkan kecintaan membaca khususnya masyarakat Indonesia.

Bukan rahasia lagi, minat baca masyarakat Indonesia sangat menyedihkan. Menurut studi "Most Littered Nation In the World" yang dilakukan oleh Central Connecticut State Univesity pada Maret 2016 lalu, minat baca masyarakat Indonesia ranking ke-60 dari 61 negara. Peringkat itu di atas Botswana (61) dan di bawah Thailand (59).

Perhatikan Hal Ini Saat Beli Buku Bacaan Anak

UNESCO juga pernah memaparkan bahwa indeks minat baca kita adalah 0,0001 persen. Artinya, dari 1000 orang Indonesia, hanya 1 yang rajin membaca. Padahal, membaca adalah pintu dan jendela bagi terbukanya wawasan melihat dunia. Orang-orang yang berhasil menjadi tokoh dunia hampir bisa dipastikan mereka gemar membaca. Sebagian bahkan mewariskan karya dalam bentuk tulisan maupun buku yang membuat namanya dikenang sepanjang masa.

Untuk mengingatkan kembali kesadaran akan pentingnya membaca, berikut ini beberapa quote dari para tokoh tentang buku dan membaca.

1. "Aku rela di penjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas.” - Mohammad Hatta

2. “Bacalah satu bab dari bukuku, bentangkan rahasia tenaga ciptaan darinya.” – Rumi

3. “Siapapun yang terhibur dengan buku-buku, kebahagiaan tak akan sirna dari dirinya.” – Ali bin Abi Thalib

4. "Buku adalah warisan yang ditinggalkan oleh jenius besar bagi umat manusia, yang diturunkan dari generasi ke generasi sebagai hadiah kepada anak cucu yang belum lahir."  - Joseph Addison

Ilustrasi membaca buku.

5. "Membaca buku-buku yang baik berarti memberi rohani makanan yang baik." - Buya Hamka.

6. "Aku rasa, televisi itu sangat mendidik. Begitu seseorang menyalakannya, aku pergi ke perpustakaan dan membaca buku." - Groucho Marx

7. "Ada banyak cara kecil untuk meluaskan dunia anak-anak. Cinta buku adalah yang terbaik dari segalanya." - Jacqueline Kennedy

8. "Pakai baju lama dan beli buku baru." - Austin Phelps

Buku Cerita Anaka: Taman Pelangi.

9. "Kau mungkin punya harta tak berhingga

Tumpukan emas dan permata

Aku takkan pernah lebih kaya daripadamu

Tapi, aku punya ibu yang membacakan buku untukku." - Strickland Gillilan

10. "Cinta sepanjang hayatku dengan buku dan membaca tidak terganggu oleh komputer, mesin-mesin otomatis, dan segala macam perangkat abad ke dua puluh." - Robert Downs (Books in My Life)

Dari beberapa ungkapan tentang buku tersebut, mana yang paling menyentuh? Kira-kira sambil menjalankan ibadah puasa kali ini, buku apa yang sedang kamu baca?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya