Dekat dengan Saudara Bermanfaat bagi Kesehatan Mental

Ilustrasi kakak beradik.
Sumber :
  • Pixabay/HaiRobe

VIVA – Kedekatan antar saudara kandung ternyata memberi manfaat baik. Sebuah studi baru mengklaim bahwa itu adalah kunci kekuatan dalam meringankan masalah kesehatan mental yang mengintai.

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

Secara umum, anak-anak yang memiliki konflik kurang baik dengan orangtuanya, berisiko tinggi mengalami masalah kesehatan mental. Studi itu juga sudah mengobservasi, remaja yang berkonflik dengan orangtua, mengalami stres berat setahun kemudian.

Seperti dilansir dari The Health Side, peneliti menemukan bahwa kekuatan hubungan remaja dengan saudara kandung, menjaga anak tersebut dari tekanan stres atau masalah kesehatan mental lebih lanjut.

Jangan Anggap Remeh, Ini 4 Tanda yang Menunjukkan Anda Alami Stres

"Anak-anak mungkin menggunakan saudara kandungnya sebagai sumber proteksi dan dukungan emosional," ujar peneliti, Patrick Davies.

Dilanjutkannya, jika ini adalah sumber kekuatan menyembuhkan masalah kesehatan mental, saudara kandung yang lebih muda secara signifikan akan mendapatkan manfaat dukungannya dari saudara yang lebih tua. Dukungan itu membuat kesehatan mental bisa semakin baik.

Ekonomi Dunia Bergejolak, BI Buka-bukaan Hasil Stess Test Terbaru Sektor Perbankan

"Saudara kandung mungkin juga dengan kedekatan yang baik dapat berbagi kehangatan, saling menceritakan kekhawatiran, dan memberi pemecahan masalah yang dialami," lanjutnya. (ren)

Ilustrasi Bahagia

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

Terkadang kita merasa tertekan untuk selalu tampil sempurna dan mendapatkan validasi dari orang lain. Ini tips yang bisa kamu terapkan agar hidup lebih tenang.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024