Bunda, Luangkan 10 Menit Mendongeng Buat Si Kecil

Mendongeng bagi anak-anak.
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA – Sering kali banyak orang tua yang bingung kapan waktu terbaik untuk memberikan dongeng pada buah hatinya. Apalagi, waktu yang tidak tepat, malah akan membuat si kecil bosan dan enggan mendengarkan dongeng yang diberikan.

Klasemen LaLiga: Dongeng Girona Berlanjut, Real Madrid Ditempel Terus

Ternyata, resep utama membuat si kecil mau mendengarkan dongeng yaitu orang tua tak perlu mencari waktu luang untuk memberikan dongeng tersebut. "Bukan mencari waktu luang, tapi harus benar-benar meluangkan waktu," ujar Pendiri Komunitas Ayo Dongeng Indonesia, Ariyo Zidni, dikutip dari siaran pers NIVEA #SentuhanIbu, Rabu 28 November 2018.

Menurut Ariyo, orang tua bisa meluangkan minimal 10 menit untuk mendongengkan si kecil. Pastikan juga cara orang tua mendongeng bisa menyenangkan.

Klasemen LaLiga: 'Dongeng' Girona Berlanjut Usai Permalukan Barcelona

anak dongeng

"Cari dongeng yang memang orangtua suka, jadi saat menyampaikannya pada anak juga terasa menyenangkan," kata Ariyo.

Soal Pola Asuh Anak, Rinni Wulandari dan Jevin Julian Pakai Cara Teamwork

Selain itu, agar mendongeng terasa lebih menyenangkan, orang tua bisa menggunakan intonasi yang tepat. Serta, deskripsikan suasananya secara detail agar anak merasa masuk ke dalam dongeng tersebut.

"Kadang orang tua bisa berbisik atau membesarkan suaranya agar terasa lebih nyata. Gambarkan juga suasananya secara detail agar anak bisa membayangkan," terang Ariyo. (ren)

Pemain Real Madrid, Jude Bellingham jebol gawang Girona

Klasemen LaLiga: Real Madrid Hancurkan 'Dongeng' Girona

Real Madrid menghancurkan 'dongeng' Girona. Los Blancos menghajar Girona 4-0 dalam lanjutan LaLiga di Santago Bernabeu, Minggu dini hari WIB, 11 Februari 2024.

img_title
VIVA.co.id
11 Februari 2024