Tips Agar Gigi Anak Tak Mudah Rusak

Anak menyikat gigi
Sumber :
  • Pixabay/ confidentalcare

VIVA – Kerap menjumpai anak dengan keadaan gigi yang menghitam atau rusak? Biasanya ini terjadi lantaran anak terbiasa minum susu sambil tidur. Meski hal ini umumnya bisa menenangkan anak saat tidur, tapi efeknya buruk bagi kondisi gigi mereka. 

Cara Seru Mengedukasi Si Kecil soal Kesehatan Gigi

"Di bawah lima tahun biasanya senang nyusu apalagi pakai dot. Bahayanya menyusu dengan dot, ketika tidur malam, (seperti) merendam gigi dengan susu, sementara di dalam susu ada gula, apalagi jika ditambah gula. Merendam gigi dengan yang manis, bakteri senang," kata Pakar Kesehatan Gigi dan Mulut, Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClintDent.,MDSc di Jakarta.

Mirah menjelaskan bahwa kebiasaan tersebut yang membuat kondisi gigi anak bagian depan menjadi hitam. Jadi sebaiknya karena anak tidak mengetahui hal tersebut, ibu yang berperan besar untuk membiasakan anak tidak tidur dengan minum susu menggunakan dot. Kalaupun tidak bisa dilepaskan dari dot, coba alternatif lain, seperti mengganti susu dengan air putih. 

Hindari Gaya Hidup Ini! Bisa Merusak dan Menimbulkan Penyakit Gigi

Selain menghindari kebiasaan minum susu dengan dot sambil tidur, untuk menjaga kesehatan gigi, sebaiknya sejak usia dini mereka diajarkan untuk rajin menyikat gigi dan menjaga kebersihan mulut. (

"Yang bahaya itu kadar gula tinggi, manis, lengket, biasakan anak-anak sikat gigi sesudah makan dan sebelum tidur.” (rna)

Tips Memberi Pemahaman Soal Keuangan kepada Anak
Ilustrasi anak menyikat gigi.

Anak Usia 8-11 Tahun Paling Kritis Terhadap Masalah Gigi Permanen, Ini Penyebabnya Menurut Dokter

Survei SKRT-SKN mengungkapkan bahwa penyakit gigi dan mulut menduduki urutan pertama untuk 10 penyakit yang dikeluhkan masyarakat Indonesia dengan prevalensi 61 persen.

img_title
VIVA.co.id
25 Oktober 2023