Bunda, Mendongeng Banyak Manfaatnya Lho untuk Si Kecil

Ilustrasi ibu dan anak atau parenting.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Meski terkesan sederhana, mendongeng ternyata punya banyak manfaat. Selain bisa meningkatkan kemampuan otak, aktivitas bercerita tersebut juga dapat mempererat ikatan emosi yang hangat dan menyenangkan antara orangtua dengan anak.

Klasemen LaLiga: Real Madrid Hancurkan 'Dongeng' Girona

Sayangnya, kebanyakan orangtua zaman sekarang enggan melakukannya. Kegiatan mendongeng sudah semakin jarang dilakukan oleh para ibu, dengan alasan merasa kurang percaya diri untuk bisa melakukan hal tersebut. 

" Menariknya, meskipun mengaku mengetahui bahwa mendongeng baik untuk tumbuh kembang anak, namun para ibu masih belum percaya diri untuk mendongeng karena mereka merasa kurang imajinatif dan kreatif, " ujar Brigitta Dewi Pricillia, Brand Executive Nivea, di Jakarta, Jumat 1 November 2019.

Klasemen LaLiga: Dongeng Girona Berlanjut, Real Madrid Ditempel Terus

Ditemui di lokasi yang sama, Psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjojo, M. Psi, mengatakan bahwa ibu memainkan peran penting sebagai pendamping yang dapat membantu anak meningkatkan daya imajinasinya. 

Baca juga: Bunda, ini trik cegah gerakan tutup mulut Si Kecil

Klasemen LaLiga: 'Dongeng' Girona Berlanjut Usai Permalukan Barcelona

"Dengan berimajinasi bersama anak saat mendongeng, ibu dapat membangun komunikasi dan kedekatan dengan anak. Selain itu, ibu juga bisa memanfaatkan kegiatan mendongeng untuk menanamkan nilai-nilai positif sehingga dapat membantu membentuk karakter anak di masa depan," tuturnya. 

Lebih lanjut, Vera mengatakan, anak yang memiliki daya imajinasi tinggi dapat tumbuh menjadi sosok yang easy going, ekspresif, memiliki kemampuan memecahkan masalah yang baik, memiliki banyak ide, serta memiliki konsep diri yang lebih positif. 

Saat mendongeng, para ibu juga disarankan tidak sekadar membacakan cerita saja, melainkan juga memberikan stimulasi berupa sentuhan lembut pada anak. Hal ini karena sentuhan dapat memberikan rasa nyaman dan menenangkan bagi buah hati.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya