Sembuh COVID-19, Balita Terserang Penyakit Kawasaki

Ilustrasi bayi
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Seorang balita harus dirawat di ruang perawatan intensif (ICU) akibat penyakit kawasaki yang menyerang usai sembuh dari COVID-19. Bahkan, dokter memperkirakan kesempatannya untuk bertahan dari teror penyakit kawasaki itu hanya sekitar 20 persen.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Scarlett Roberts, gadis mungil berusia 5 tahun harus menelan pil pahit dari dampak virus corona jenis baru atau COVID-19 yang sempat menginfeksi. Ia kini berjuang melawan penyakit kawasaki, yang mana disebut dokter memiliki kaitan erat dengan virus corona jenis baru itu.

Sang ayah, Piers mengatakan bahwa putrinya nampak sehat selama 6 minggu setelah dinyatakan negatif COVID-19. Scarlett kemungkinan tertular virus còrona itu di sekolah sebelum lockdown dilakukan.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Bibi dari Scarlet, June, pun menjelaskan asal mula penyakit keponakannya itu hingga harus dirawat di ICU. Ia menjelaskannya melalui akun Twitter 

"Ini adalah keponakanku yang berusia 5 tahun. Dia sebelumnya terlihat sehat setelah mengalami gejala ringan COVID-19 lima minggu yang lalu, hingga ia sembuh," tulis June.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

"Dia sekarang dirawat di ICU karena sindrom pernapasan kawasaki. Ventilator sudah dilepas tapi kini dia mengalami komplikasi di jantung," terangnya lagi.

Para pakar menduga ada kaitan antara virus corona dan penyakit kawasaki pada anak, dengan gejala peradangan seperti ruam, kemerahan di bibir, lidah, dan mulut, pembengkakkan kelenjar getah bening serta demam tinggi. Rumah sakit Great Ormond Street menggambarkan hal yang sama pada penyakit kawasaki.

"Itu menyebutkan pembengkakan di pembuluh darah di tubuh. Memicu demam dan ruam," terang rumah sakit itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya