Akibat COVID-19,Balita Alami Gejala Kawasaki Sampai Menangis Kesakitan

Ilustrasi anak menangis
Sumber :
  • Instagram smart.gram

VIVA – Seorang ibu mengunggah video putrinya yang berusia 4 tahun sambil berteriak menahan sakit saat dilarikan ke rumah sakit. Balita itu memiliki penyakit mirip kawasaki yang berkaitan dengan virus corona jenis baru atau COVID-19.

Kuota Haji Kabupaten Tangerang Bertambah, 20 Persen Lansia

Dikutip dari laman Daily Star, balita bernama Tayah Fernandes mengaku pada sang ibu mulai merasa tidak fit pada awal Mei ini dan gejalanya mencakup kehilangan nafsu makan serta sakit perut. Melalui media sosial, sang Ibu mengingatkan orangtua lain untuk waspada dengan pengalamannya itu.

Dokter awalnya mendiagnosis Tayah mengalami konstipasi tapi keluhannya makim memburuk. Di malam hari, Tayah terbangun dan menangis serta berteriak. Hal ini membuat Shannon, sang ibu, langsung melarikannya ke RS Tameside.

Geger Vaksin COVID-19 AstraZeneca, Ketua KIPI Sebut Tidak ada Kejadian TTS di Indonesia

Dokter langsung melakukan X-ray di dada dan tes darah. Hasilnya, tanda infeksi di darah Tayah sangat tinggi dengan kadar lebih dari 175.

Shannon sendiri sebenarnya telah didiagnosis positif COVID-19 dan menjalani isolasi mandiri dengan putrinya. Dokter pun mengabarkan bahwa Tayah mengalami gejala mirip penyakit kawasaki yang berkaitan dengan virus corona jenis SARS-CoV-2.

Sempat Hilang Kesadaran Akibat Sepsis, Chicco Jerikho Ngerasa Dikasih Kesempatan Kedua

"Selama dirawat, kulit Tayah menjadi bengkak dan ruam. Ia juga mengalami lidah merah berbintik seperti strawberi," tuturnya.

Meski Tayah sudah dicek dan dinyatakan negatif COVID-19, ada kemungkinan virus menular melalui sang ibu. Kini, para pakar semakin mewaspadai gejala penyakit kawasaki yang sudah menyerang lebih dari 100 anak di tengah pandemi COVID-19.

Kepala Kantor Ekonomi dan Perdagangan Taipei (TETO) di Indonesia John Chen.

Taiwan Siap Berbagi Pengalaman Pelayanan Medis dengan Indonesia

Taiwan berharap dapat meningkatkan kerja sama bilateral dengan Indonesia di bidang medis.

img_title
VIVA.co.id
14 Mei 2024