Terungkap, Formula Ampuh Hindari Bahaya Ispa dan Diare

bayi
bayi
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Nutrisi yang diberikan untuk membantung sistem imunitas pada tubuh sangatlah penting untuk anak-anak apa lagi dimasa pandemi seperti saat ini. Imunitas menjadi hal yang utama dalam tumbuh kembang yang optimal. 

Dokter Ariani Dewi Widodo, SpA(K), Spesialis Anak dan Konsultan Gastroenterologi menyampaikan jika imunitas seorang anak saat lahir belum berkembang dengan sempurna. Untuk itu diperlukan nutrisi yang baik sehingga imunitas dapat berkembang dengan baik sejalan bertambahnya usia. 

Peran orang tua tentunya sangat dibutuhkan dalam perkembangan imunitas anak. Sistem imunitas sangat dibutuhkan oleh anak terutama dibawah usia 5 tahun yang masih rentan terhadap penyakit.

Baca juga: Ini Harga Daster Catherine Wilson Saat Ditangkap, Murah Meriah

"Ada 2 juta anak mengalami obesitas. Namanya malnutrisi itu ada 2 jenis, bukan hanya anak kurus kurang gizi tapi kelebihan gizi juga merupakan gangguan nutrisi yang disebut malnutrisi. Dan anak yang mengalami anemia juga banyak sekitar 25 persen, ini disebabkan kekurangan vitamin dan mineral yang sifatnya esensial bagi tubuh," ujar dokter Ariani dalam webinar, Senin 20 Juli 2020.

Berdasarkan data RISKESDAS 2018 menunjukkan bahwa infeksi dan malnutrisi masih umum ditemui. Infeksi yang umum dialami anak-anak umumnya adalah infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) dan gastroenteritis akut (diare). 

"Penyebab anak rentan terkena gangguan penyakit infeksi seperti ISPA dan diare salah satunya karena sel-sel usus pada anak masih renggang, mengakibatkan apabila ada kuman atau alergen akan mudah masuk melalui sel-sel tersebut,” ungkap dokter Ariani.

“Selain itu, mikrobioma pada saluran cerna tidak berkembang dengan baik. Bakteri pada mikrobioma memiliki peran terhadap imunitas, nutrisi, dan perlindungan terhadap bakteri patogen. Dalam tubuh manusia terdapat sekitar 10-100 triliun mikrobioma dengan jumlah paling banyak terdapat di usus," tambahnya.

Baca juga: Diprovokasi, Ahmad Dhani Gebuki Haters Saat Manggung

Untuk itu diperlukan beberapa nutrisi dari vitamin dan mineral untuk menjaga sistem imun tubuh tetap optimal seperti vitamin A yang berkaitan langsung dengan pembentukan sistem imun tubuh. 

"Vitamin A, vitamin B6, B12, dan asam folat vitamin C, lagi sakit kita minum vitamin C kemudian merasa lebih baik vitamin D dan juga kalau vitamin E ini juga berperan salah satunya untuk kesehatan kulit,” jelas dokter Ariani.

“Karena kita ingat kulit merupakan salah satu sistem pertahanan tubuh juga dan mineral yang paling terkenal adalah zing dan zat besi yang berguna untuk pertahanan tubuh dan untuk memastikan metabolisme ini berjalan dengan lancar dalam tubuh selain itu tembaga dan selenium juga," tegasnya.