Tips Beri MPASI untuk Si Kecil, Amankah Makanan Instan?

MPASI.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Di tengah kondisi pandemi COVID-19,  kebutuhan si kecil semakin menjadi perhatian orangtua, terutama MPASI. Orangtua tentu semakin selektif dalam memilih makanan bagi si kecil. Kendala yang paling sering dialami adalah tidak cukupnya waktu yang tersedia untuk menyiapkan makanan homemade. Terlebih lagi orang tua harus dapat memastikan kebutuhan nutrisi si kecil tercukupi tiap harinya. 

Ello Berbagi Kabar Gembira, Sang Istri Hamil Anak Kedua

Buah hati pastinya menjadi prioritas utama bagi setiap orang tua. Pandemi COVID- 19 ini menjadi pengingat kita betapa pentingnya menjaga kesehatan dan juga meningkatkan kebutuhan asupan gizi. Dan memastikan kebutuhan nutrisi si Kecil terpenuhi agar tetap aktif dalam beraktivitas.

Tapi seringkali banyak orang tua merasa bingung, MPASI apa yang bisa diberikan untuk buah hatinya. Yang nggak bikin bosen tapi tetap bergizi. 

Potret-Potret Menggemaskan Buah Hati Pertama Pasangan Jessica Milla dan Yakup Hasibuan

Sandra Dewi selebriti yang memiliki dua anak, baru-baru ini memberanikan memberikan buah hatinya MPASI yang praktis tapi tetap memberikan makanan bergizi untuk buah hatinya. Yummy Bites Meal jadi pilihan ibu dari Raphael dan Mikhael Moeis. 

“Ini gampang banget untuk kamu-kamu semua yang mungkin gak sempet buat MPASI. Gluten Free, Sodium Free, Fiber juga banyak dan semuanya natural. Ada rasa Sweet Pumpkin and Pear. Kemudian ada rasa juga Sweet Potato and Rice, Pear and Rice dan banyak pilihan rasa lainnya. Nah, di sini tuh juga ada step 1, step 2 dan step 3."

Dimas Seto dan Dhini Aminarti Punya 46 Anak Asuh: Qadarallah Belum Dikasih Keturunan

Nah ini artinya, lanjut Sandra, kalau step 1 itu yang mulai MPASI usia 6 bulan teksturnya masih halus sekali. Step 2, untuk si kecil yang sudah mulai bisa mengkonsumsi makanan bertekstur. Step 3 makanan sudah mulai lebih kasar.

"Jadi ga sembarangan dibuat gitu aja,” ujar Sandra Dewi.

Saat ini, banyak MPASI siap santap yang diolah melalui proses sterilisasi serta menggunakan teknologi vacuum untuk menjaga kualitas makanan. Terdiri dari banyak pilihan tahap yaitu 6 bulan, 8 bulan dan 10 bulan dengan rangkaian rasa dan tekstur yang telah disesuaikan dengan kebutuhan si kecil. 

Bahkan banyak produk MPASI yang diolah  resep makanan rumahan agar si kecil juga familiar dengan semua pilihan rasanya. Untuk para ibu juga harus selektif dalam memilih ingredients. Pastikan semua ingredientnya ini baby grade & memenuhi kebutuhan si kecil. 

Dr. MN Ardi Santoso, SpA menjelaskan bahwa banyak produk MPASI yang aman dikonsumsi dan sudah mengantongin izin dari BPOM sehingga keamanan pada produk terjaga.  “Saya kaget, kok ada ya instant yang teksturnya menyesuaikan. Selama ini setau saya tuh instant teksturnya sama semua. Tapi kalau sudah ada instant yang teksturnya bisa menyesuaikan tahapan oromotor dari si bayi, MPASI itu lebih baik lagi. Sebenarnya yang instant bukan ada pengawet, tapi diproses sedemikian rupa, dikeringkanlah contohnya, sehingga awet dan pasti akan melalui BPOM. Jadi selama masih lewat BPOM its okay. Yang penting aman, bahan-bahannya juga enggak ada penambah manis buatan atau perasa buatan,” jelas Dr. MN Ardi Santoso, SpA. 

Dr. MN Ardi Santoso, SpA menambahkan,”Jadi tetap pure, ibaratnya kayak homemade. Instant tuh solusi kok, salah satu solusi untuk MPASI buat anak. daripada nanti belinya makanan siap saji untuk MPASI yang gak tau kandungannya seperti apa mending yang sudah jadi. Macro micro nutrisinya kalorinya sudah jelas dan sudah ditakar.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya