Ragam Manfaat Bermain Balok Lego untuk Perkembangan Anak

Anak bermain LEGO.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Mainan konstruksi, seperti balok Lego bukan sekadar mainan bagi anak, namun juga menjadi media mereka dalam berkreasi dan membantu perkembangan mereka.

Bahaya Fatherless Bagi Anak, Rentan Terjebak Toxic Relationship

Ya, sudah bukan rahasia lagi bahwa permainan balok dapat mengembangkan berbagai kemampuan anak, termasuk keterampilan motorik, spasial, bahasa dan pemecahan masalah yang berbeda.

Tak hanya itu, mainan konstruksi juga dapat membantu si kecil mengembangkan bentuk kecerdasan non-verbal yang sangat penting untuk pencapaian di banyak bidang STEM (sains, teknologi, teknik dan matematika). Demikian dilansir dari situs Children's Wellness Centre Inggris, Kamis, 18 Februari 2021.

Banyak Anak Konsumsi Makanan Kurang Bergizi, Ahli Sarankan Ibu Masak Sesuai Selera Buah Hati

Begitu juga dengan kemampuan untuk memvisualisasikan objek tiga dimensi, membayangkan dan memanipulasi informasi spasial di kepala mereka.

Bermain balok juga bisa membuat anak belajar analisis dan berpikir secara kuantitatif dengan cara menghitung.

Pengusaha dan Akademisi Berkolaborasi Turunkan Stunting Lewat Program GAS-KIPAS

Belum lagi jika anak bermain dengan orang lain akan mengasah kemampuan mereka dalam bekerja tim dan bersosialisasi, yang akan membuat anak juga mengasah kemampuan komunikasi dan bahasa. Kemampuan mereka dalam berkreativitas dan bereksperimen juga akan semakin terasah.

Manfaat lainnya termasuk meningkatkan rasa percaya diri, menurunkan kecemasan dan stres, mengajarkan mereka untuk sabar, melatih fokus dan konsentrasi.

Apalagi, yang terbaru, Lego bekerja sama dengan Nintendo meluncurkan koleksi mainan lengkap Lego Super Mario, yang cara mainnya menggabungkan permainan balok dengan teknologi, yang memungkinkan si kecil berkreasi lebih luas lagi dengan mainannya.

Penggemar akan didukung dengan aplikasi digital Super Mario gratis yang dibuat oleh Lego Group. Fitur pendukung ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan keseruan bermain balok secara langsung. Dengan fitur ini, penggemar bisa melacak skor yang mereka dapatkan dan menjadi acuan untuk terus menyusun balok.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa memberikan instruksi menyusun balok secara digital dengan fitur zoom dan rotasi, juga dilengkapi dengan saran, berbagai cara kreatif lainnya untuk membangun dan bermain serta dilengkapi forum digital yang aman untuk berbagi ide dengan sesama penggemar lainnya.

Dalam peluncuran tersebut baru-baru ini, Takashi Tezuka, Executive Officer dan Game Producer of Nintendo Co., Ltd mengatakan bahwa setiap Expansion Set dan Collectible Character Pack, serta Power-Up Packs dibuat untuk digunakan bersama dengan koleksi Adventures with Mario Starter Course, untuk pengalaman bermain yang lebih seru.

"Kami mengerti bahwa tiap penggemar tentu memiliki kesenangan dan imajinasinya masing-masing. Dengan menambahkan balok yang sudah mereka miliki ke Starter
Course, dan Expansion sets LEGO Super Mario yang berbeda, kami berharap setiap penggemar dapat menciptakan berbagai dunia Mario yang mereka suka dan terus menikmatinya tanpa batas waktu," ucap Takasih.

Set untuk permainan awal menampilkan tujuh balok aksi yang menghasilkan interaksi berbeda saat dimainkan bersama figur Lego Mario, yang memiliki layar LCD di mata, mulut dan perutnya, untuk menampilkan reaksi langsung terhadap gerakan, warna, dari balok aksi tersebut.

Koleksi ini juga akan memungkinkan kita untuk berinteraksi dengan karakter Super Mario di dunia nyata. Di mana penggemar bisa membangun rumah Mario kreasi mereka, mencari harta karun yang disembunyikan oleh Toad, serta mengalahkan Koopa Troopa di Benteng yang dijaga ketat.

Semua koleksi dilengkapi dengan serangkaian tantangan dan karakter unik Super Mario untuk dimainkan sendiri atau bersama orang lain.

Selain itu, untuk menambah keseruan juga diluncurkan koleksi sepuluh karakter musuh yang tersedia dalam Blind Character Packs. Setiap paket rahasia akan berisi karakter yang dapat dibangun dan dimainkan bersama terdiri dari Huckit Crab, Spiny Cheep Cheep, Ninji, Foo, Parachute Goomba, Para-Beetle, Poison Mushroom, Thwimp, Fly Guy dan Bone Goomba!

Koleksi tersebut dibanderol mulai dari harga Rp219 ribu hingga Rp1.499.000

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya