2 Inspirasi di Rumah Si Kecil Makin Kreatif Saat Pandemi

Anak kreatif
Sumber :
  • http://initekno.com

VIVA – Mengajak anak untuk berkreasi di rumah, khususnya saat pandemi COVID-19, bisa dilakukan dengan beragam cara kreatif. Terlebih, membuat beragam kreasi dapat membangkitkan potensi anak dan bermanfaat pula bagi kesehatan mentalnya.

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan

DIY atau do it yourself menjadi salah satu momen untuk anak menggali potensinya. Dengan cara ini, anak mampu mengasah kemampuan motoriknya. Hal ini juga bisa menjadi cara agar orangtua bisa membuat anak lupa pada gawainya.

"Manfaat DIY dari sejak kecil untuk lebih kreatif. Membantu juga, dari rumah autis, agar mereka belajar motorik dengan adanya warna warni. Pasti kalau gadget kita alihkan suatu hal yang creativity karena (dampak gadget) bisa merusak mata dan kesehatan lain," turur Amanda Siregar perwakilan dari Rumah Autis, dalam acara virtual bersama Herbalife Indonesia, baru-baru ini.

Hari Buku Sedunia, Starbucks Indonesia Serahkan 8.769 Buku untuk Anak-anak

Ada pun program ini sebagai bagian dari inisiatif Nutrition for Zero Hunger bertujuan untuk menjangkau masyarakat dari berbagai belahan dunia sebanyak mungkin melalui edukasi terkait nutrisi dan kesehatan serta mendanai program-program sejenis dari organisasi terkemuka dunia seperti diantaranya Feed the Children dan The Hunger Project. 

Hingga saat ini program Nutrition for Zero Hunger telah menyalurkan lebih dari US$ 3 juta dalam bentuk bantuan keuangan dan donasi yang disalurkan kepada yang membutuhkan melalui organisasi non profit di seluruh dunia.  

Geger Seorang Remaja Alami Hal mengerikan Ini Gegara Ikut Challenge di Sosmed

Senior Director & Country General Manager Herbalife Nutrition Indonesia, Andam Dewi mengatakan Herbalife Nutrition di Asia Pasifik telah menjalankan program ini dengan melakukan pendampingan kepada anak-anak untuk membangun kebiasaan sehat dan pola olahraga yang teratur. 

Di Indonesia sendiri, melalui kegiatan Nutrition For Zero Hunger STAR Program, perusahaan mengajak total 300 anak-anak dari tiga mitra CASA Herbalife Nutrition yaitu Pondok Kasih Agape, Rumah Autis dan Bali Caring Community untuk menjalankan kebiasaan hidup sehat seperti mengonsumsi nutrisi seimbang, menjaga hidrasi dan berolahraga teratur. 

Lalu, apa saja ya inspirasi DIY yang bisa dilakukan bersama anak? Berikut rekomendasinya.

Cetakan bunga

Siapa sangka, kita bisa membuat cetakan bunga menggunakan botol soda kosong. Untuk membuat cetakan bunga, buka gulungan kertas freezer. 

Celupkan bagian bawah botol soda kosong ke dalam cat, warna apapun, lalu cap di atas kertas. Putar botol untuk membuat lebih banyak kelopak!

Celupkan tutup botol ke dalam cat dan itu akan menjadi cap yang bagus untuk bagian tengah bunga! Anak-anak bisa bergiliran memakai tutup dan botolnya. 

Sangat menyenangkan! Poin bonus, untuk minum air imajiner dari botol kosong agar si kecil tam dehidrasi.

Bunga matahari marshmallow pops.

Anda akan membutuhkan:

Marshmallow 

Lollipop sticks

mangkuk

Handuk

Kertas

Air

Taburan cokelat jimmies

Balok styrofoam

Pewarna makanan hijau

Kertas lilin

Sikat cat

Gunting 

Stok kartu kuning

Pelubang kertas 1/8 inci

Beli semua bahan: stik lolipop, jimmies, styrofoam, pewarna makanan, kuas cat, stok kartu, dan pelubang kertas di toko kerajinan. 

Ukuran ini sedikit lebih kecil dari stik lolipop, sehingga kelopak bunga dapat menetap di stik tanpa jatuh, tetapi Anda juga dapat menggunakan jarum untuk membuat lubang jika Anda mau.

Langkah pertama: celupkan marshmallow Anda

Siapkan semangkuk air, handuk kertas, jimmies, dan mangkuk atau piring kosong. 

Tusuk marshmallow dengan stik lolipop, celupkan marshmallow dengan cepat ke dalam air, usahakan agar stiknya sedikit basah, oleskan marshmallow di atas tisu untuk menghilangkan kelebihan air, pegang marshmallow di atas mangkuk kosong dan taburkan jimmies untuk melapisi. Letakkan marshmallow di balok styrofoam.

Langkah kedua: cat stik lolipop Anda

Campurkan beberapa tetes pewarna makanan hijau dengan beberapa tetes air, menggunakan selembar kertas lilin sebagai palet. Warnai stik lolipop dan letakkan lolipop di atas kertas lilin hingga kering

Langkah ketiga: tambahkan kelopak bunga

Gunting bentuk kelopak dari kertas warna atau karton kuning. Buat lubang di salah satu ujung kelopak. Geser tongkat lolipop melalui lubang kelopak dan dorong ke atas ke marshmallow. Ulangi sehingga Anda memiliki 8 kelopak pada setiap bunga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya