Tips agar Anak dan Orang Tua Tidak Stres Hadapi School from Home

anak belajar di rumah
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Pandemi COVID-19 yang berlangsung sejak Maret 2020 lalu berdampak pada sejumlah kehidupan di masyarakat. Salah satu perubahan yang terjadi selama pandemi adalah perubahan sistem belajar menjadi daring alias School From Home.

Sistem belajar di rumah diketahui membuat sejumlah anak mengalami stres. Tidak hanya anak-anak saja beberapa orang tua juga mengalami stres lantaran menghadapi situasi di mana anak yang belajar di rumah terkadang kesulitan untuk berkonsentrasi mengikuti sekolah daring.

Bahkan tidak sedikit dari orang tua yang akhirnya melakukan sejumlah kekerasan fisik karena menghadapi situasi tersebut, belum ditambah dengan pekerjaan yang juga harus dikerjakan orang tua. Lantas bagaimana menghadapi situasi tersebut agar tidak terjadi?

Psikolog RS Pertamina Cilacap, Wisny Ayusmi menjelaskan bahwa situasi pandemi seperti saat ini belum pernah terjadi sebelumnya.

"Jadi situasi yang berbeda jadi kadang ini masalah orang tua atau anak, masalah timbul karena kondisi saat ini seperti apa kemudian kondisi yang diinginkan apa jadi ada gap yang akhirnya terjadi masalah," kata Wisny dalam VIVATALK, Jumat, 20 Agustus 2021.

Untuk meminimalisasi gap itu, kata Wisny harus ada resource atau SDM yang dilakukan. Salah satunya dengan mencari bantuan orang lain.

"Apa memang orang tuanya ada keterbatasan harus mencari bantuan ke orang lain jangan sampai kita memiliki keterbatasan memaksa anak untuk anak bisa. Tidak fokus masalah tapi fokus ke solusi menghindari hal-hal yang timbul anak stres ibunya stres jadinya gak ketemu," ujar dia.

Tidak hanya itu saja, di tengah situasi seperti ini orang tua juga dituntut bisa meng-update skill dan kemampuannya.

"Orang tua mau enggak mau yang perlu punya keterampilan update diri. Jangan-jangan saya tidak bisa ngajarin atau jangan kemampuan saya selama ini belum terasah, karena selama dua tahun belakangan ini belum pernah mengalami pandemi seperti ini," tutur dia.

Ekonomi Dunia Bergejolak, BI Buka-bukaan Hasil Stess Test Terbaru Sektor Perbankan
Ilustrasi stres.

Jangan Anggap Remeh, Ini 4 Tanda yang Menunjukkan Anda Alami Stres

Belum banyak orang yang menyadari bahwa gejala stres juga bisa mempengaruhi kesehatan tubuh. Sangat banyak tanda-tanda yang menunjukkan anda terkena stres.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024