5 Penyebab Nyeri Punggung Dimasa Kehamilan

Ibu hamil
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Mengandung menjadi momen yang begitu membahagiakan bagi calon orang tua. Belum lagi melihat momen pertumbuhan janin yang sehat juga menjadi kebahagiaan tersendiri bagi mereka.

11 Fakta Stadion Abdullah bin Khalifa, Tempat Semifinal Piala Asia U-23 2024 Indonesia vs Uzbekistan

Namun seiring bertambahnya usia kehamilan, beberapa keluhan dialami oleh ibu hamil. Salah satunya adalah sakit pinggang yang umum dilaporkan. Survei dari Stapleton menyatakan 61.8% wanita melaporkan sakit punggung dan bahu selama kehamilan.

Kebanyakan wanita hamil mengalami sakit punggung, di trimester kedua kehamilan. Lantas apa yang menyebabkan hal tersebut? Dilansir dari laman Webmd, nyeri punggung saat kehamilan biasanya terjadi di tempat panggul bertemu dengan tulang belakang Anda, di sendi sakroiliaka. Ada banyak kemungkinan alasan mengapa hal itu terjadi. Berikut adalah beberapa penyebab yang lebih mungkin:

Kylie Jenner Bantah Rumor Kehamilannya, Ungkap Hubungan Asmara Jarak Jauh dengan Timothee Chalamet

1. Pertambahan berat badan

Selama kehamilan yang sehat, wanita biasanya mendapatkan antara 11kg hingga 16kg. Tulang belakang harus menopang beban itu. Pertambahan berat badan ini yang bisa menyebabkan nyeri punggung bawah. Berat bayi dan rahim yang sedang tumbuh juga memberi tekanan pada pembuluh darah dan saraf di panggul dan punggung.

Mengajak Masyarakat Berolahraga dan Adopsi Gaya Hidup Sehat di Gowes 90 Tahun 90 KM

2. Perubahan postur

Kehamilan menggeser pusat gravitasi Anda. Akibatnya, Anda mungkin secara bertahap bahkan tanpa menyadarinya mulai menyesuaikan postur dan cara Anda bergerak. Hal ini dapat menyebabkan sakit punggung atau ketegangan.

3. Perubahan hormon

Selama kehamilan, tubuh Anda membuat hormon yang disebut relaksin yang memungkinkan ligamen di daerah panggul untuk rileks dan persendian menjadi lebih longgar sebagai persiapan untuk proses kelahiran. Hormon yang sama dapat menyebabkan ligamen yang menopang tulang belakang mengendur, yang mengakibatkan  ketidakstabilan dan rasa sakit.

4. Pemisahan otot

Saat rahim mengembang, dua lembar otot paralel (otot rektus abdominis), yang membentang dari tulang rusuk ke tulang kemaluan, dapat terpisah di sepanjang jahitan tengah. Pemisahan ini dapat memperburuk nyeri punggung.

5. Stres

Stress

Photo :
  • U-Report

Stres emosional dapat menyebabkan ketegangan otot di punggung, yang dapat dirasakan sebagai nyeri punggung atau kejang punggung. Anda mungkin menemukan bahwa Anda mengalami peningkatan nyeri punggung selama periode stres kehamilan Anda.

Meski biasanya akan membaik dengan sendirinya, sakit pinggang saat hamil dapat berdampak buruk pada kenyamanan ibu jika tidak ditangani. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengobati nyeri punggung atau membuatnya lebih jarang dan lebih ringan

Olahraga

Olahraga saat hamil.

Photo :
  • U-Report

Olahraga teratur dan memperkuat otot dan meningkatkan fleksibilitas. Olahraga diketahui bisa mengurangi stres pada tulang belakang Anda. Beberapa olahraga yang aman untuk sebagian besar wanita hamil antara lain berjalan, berenang, dan bersepeda stasioner. Dokter atau ahli terapi fisik Anda dapat merekomendasikan latihan untuk memperkuat punggung dan perut Anda.

Mengompres punggung

Menerapkan panas dan dingin ke punggung Anda dapat membantu. Jika penyedia layanan kesehatan Anda setuju, mulailah dengan meletakkan kompres air dingin (seperti sekantong es atau sayuran beku yang dibungkus dengan handuk) di area yang sakit hingga 20 menit beberapa kali sehari. Setelah dua atau tiga hari, alihkan ke air panas, dengan  letakkan bantal pemanas atau botol air panas di area yang sakit. Berhati-hatilah untuk tidak memberikan suhu panas ke perut Anda selama kehamilan.

Perbaiki postur

Tips cepat hamil setelah haid

Photo :
  • clevelandclinic

Membungkuk membuat tulang belakang Anda tegang. Jadi menggunakan postur yang tepat saat bekerja, duduk, atau tidur adalah langkah yang baik. Misalnya, tidur miring dengan bantal di antara lutut akan menghilangkan stres dari punggung Anda.

Saat duduk di meja, letakkan handuk yang digulung di belakang punggung Anda untuk menopang; istirahatkan kaki Anda di atas tumpukan buku atau bangku dan duduk tegak, dengan bahu ke belakang. Salah satu yang bisa membantu relaksasi saat duduk adalah menggunakan dari kursi recliner dari La-Z-Boy seperti yang digunakan oleh Jessica Iskandar.

Pinnacle Power XR+ dapat dioperasikan dengan panel kontrol 4 tombol yang dipasang di samping untuk berbaring dan mengangkat kaki Anda secara mandiri untuk berbagai posisi santai. Bahkan ada port USB internal untuk memberi daya pada ponsel atau tablet yang anda punya. Jedar juga dapat melakukan aktivitas seperti membaca, menonton atau beristirahat dengan sangat tenang juga rileks. Selain itu, kursi ini dapat mengatur posisi recline serta posisi duduk sesuai keinginan anda. 

Peregangan secara teratur
 
Lihat "peregangan ke belakang", "peregangan punggung bawah", dan "kemiringan panggul saat berdiri". Ini memperkuat otot punggung dan panggul Anda.

Penyuluhan

Jika sakit punggung berhubungan dengan stres, berbicara dengan teman atau konselor terpercaya mungkin bisa membantu.

Akupunktur

Akupunktur.

Photo :
  • U-Report

Akupunktur adalah suatu bentuk pengobatan Cina di mana jarum tipis dimasukkan ke dalam kulit Anda di lokasi tertentu. Penelitian telah menunjukkan bahwa akupunktur dapat efektif dalam meredakan nyeri punggung bawah selama kehamilan. Tanyakan kepada penyedia layanan kesehatan Anda jika Anda tertarik untuk mencobanya.

Chiropractic

Ketika dilakukan dengan benar, manipulasi tulang belakang chiropractic bisa aman selama kehamilan, tetapi konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mencari perawatan chiropractic.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya