Privasi dan Pendidikan, Inilah 7 Hak yang Seharusnya Anak Dapat

Ilustrasi anak-anak
Sumber :
  • pixabay/stockpict

VIVA Parenting – Anak-anak mendapat hak selayaknya orang-orang dewasa dapat. Tetapi, ada beberapa orang tua yang mengabaikan hak-hak yang seharusnya di dapatkan anak-anak. Hal itu yang harus diketahui oleh para orang tua atau calon orang tua tentang hak yang seharusnya anak dapat. Berikut ini 7 hak yang seharusnya anak dapat, melansir dari Children First Canada.

Inara Rusli Fokus Anak Usai Cerai, Bagikan Momen Hangat dengan Virgoun

1. Non-diskriminasi

Ilustrasi diskriminasi

Photo :
  • Dreamstime
Heran Pembelian Durian Ratusan Juta, SYL Mengaku Keluarganya Tak Suka: Demi Allah Rasulullah

Setiap anak berhak mendapatkan perlakuan yang sama, terlepas dari identitas gender, jenis kelamin, orientasi seksual, ras, etnis, agama, penampilan fisik, kemampuan, status sosial ekonomi, kebangsaan, keyakinan, ideologi, atau identitas pribadi lainnya.

Anak-anak penyandang disabilitas memiliki hak untuk menerima akomodasi yang mereka butuhkan untuk berkembang. Pengungsi juga harus menerima bantuan dan mempertahankan hak yang sama seperti anak-anak yang lahir di negara tempat mereka tinggal sekarang. Anak-anak dari komunitas minoritas, terpinggirkan, dan Pribumi memiliki hak untuk menjalankan agama, bahasa, budaya, dan adat istiadat mereka.

Bagaimana Menghadapi Keluarga Suami yang Nyakitin? Begini Nasihat Mamah Dedeh

2. Keluarga

Ilustrasi keluarga

Photo :
  • U-Report

Setiap anak berhak untuk tinggal bersama keluarganya. Keluarga dapat berupa struktur apa pun, tetapi keluarga harus menanamkan rasa memiliki, dan menyediakan lingkungan yang penuh kasih dan pengasuhan. Anak-anak dan remaja berhak merasakan keterikatan dengan pengasuh mereka, siapa pun pengasuh mereka.

Anak-anak tidak boleh dipisahkan dari orang tuanya kecuali salah satu atau kedua orang tuanya bersikap kasar atau lalai, atau lingkungan rumah mereka tidak aman. Anak-anak yang orang tuanya tidak tinggal bersama harus tetap berhubungan dengan kedua orang tuanya kecuali jika kontak itu membahayakan anak. Jika seorang anak tinggal di negara yang berbeda dari orang tuanya, anak dan orang tuanya harus diizinkan untuk bepergian sehingga mereka dapat bersama.

3. Kesehatan

Ilustrasi bahagia & menjaga kesehatan

Ilustrasi bahagia & menjaga kesehatan

Photo :
  • ist

Setiap anak berhak untuk hidup. Kaum muda berhak mendapatkan perawatan kesehatan terbaik, makanan bergizi, pakaian, air bersih, listrik, dan perumahan yang aman. Anak-anak harus mempelajari kebiasaan kesehatan dan kebersihan yang baik di sekolah dan rumah mereka.

Anak-anak harus diperiksa kesehatan mental, psikologis, emosional, dan fisiknya secara teratur, terutama jika mereka jauh dari rumah. Pemerintah juga memiliki tanggung jawab untuk membantu keluarga yang tidak mampu membayar biaya kesehatan.

4. Perlindungan Dari Bahaya

Ilustrasi rasa aman yang diberikan orang tua kepada anaknya

Photo :
  • Pexels

Setiap anak berhak mendapatkan kebebasan dari pelecehan. Anak-anak harus bebas dari pekerjaan berbahaya, narkoba, pelecehan seksual, perdagangan manusia, hukuman fisik, pelecehan emosional dan psikologis, penahanan berbahaya, perang, dan segala bentuk eksploitasi lainnya.

Anak-anak memiliki hak untuk mencari bantuan hukum dan medis jika mereka terluka atau dianiaya. Mereka harus bebas mengajukan pengaduan tentang pelecehan kepada pihak ketiga, dan pelaku kekerasan terhadap anak-anak harus menerima tuntutan hukum sepenuhnya.

5. Identitas

Anak-anak harus didaftarkan ketika mereka lahir. Pemerintah nasional harus mengakui nama dan identitas nasional seorang anak, dan anak-anak harus diberitahu tentang identitas mereka.

Anak-anak memiliki hak untuk menerima, mengakses dan mengirimkan dokumen identitas mereka sendiri. Catatan resmi harus mencakup nama mereka, tempat dan tanggal lahir, dan hubungan keluarga. Jika dokumentasi dihancurkan atau jika identitas nasional seorang anak dikompromikan, pemerintah harus membantu anak tersebut mendapatkan kembali identitasnya.

6. Pendidikan

Ilustrasi anak berpendidikan tinggi.

Photo :
  • U-Report

Setiap anak berhak atas pendidikan. Pendidikan dasar harus gratis. Pendidikan menengah harus dapat diakses oleh setiap anak – setiap anak harus menerima tingkat pendidikan tertinggi yang tersedia bagi mereka.

Pendidikan harus mempersiapkan anak-anak untuk berpartisipasi sebagai warga negara yang aktif, mengajar mereka tentang tanggung jawab dan rasa kebersamaan. Mereka juga harus mengembangkan kepribadian, bakat, keterampilan, hak, dan kemampuan mereka sambil belajar menghormati otonomi, hak, budaya, dan perbedaan orang lain.

7. Privasi

Ilustrasi privasi data.

Photo :
  • U-Report

Setiap anak berhak mendapatkan privasi. Hukum harus melindungi privasi anak-anak di semua bidang, termasuk online. Dokumentasi pribadi anak-anak tidak boleh dipublikasikan.

Keluarga, rumah, komunikasi pribadi, dan reputasi anak harus dilindungi. Korban pelecehan tidak boleh mempublikasikan nama, wajah, atau informasi mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya