Moms! Gak Cuma Makronutrien, Anak Juga Butuh Mikronutrien

Ilustrasi parenting/orangtua dan anak/anak makan.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA Parenting – Nutrisi yang baik sangat dibutuhkan oleh anak. Terlebih, si kecil masih dalam masa pertumbuhan sehingga mengonsumsi makanan yang bernutrisi sangat diperlukan. 

Diduga Selingkuh Andrew Andika Sempat Janji Gak Ulangi, Istri: Baru 2 Hari Kamu Berulah Lagi!

Dokter spesialis anak di RSIA Bunda, dr. Ratno JM Sidauruk, Sp.A(K), pun mengatakan hal yang sama. Menurutnya, kecukupan nutrisi wajib dipenuhi anak-anak, baik itu makronutrien maupun mikronutrien. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

"Untuk tumbuh sehat dan optimal, setiap anak membutuhkan makronutrien berupa karbohidrat, protein, dan lemak, juga mikronutrien berupa vitamin dan mineral," ujar dr. Ratno pada sesi Expert Talk di acara Playdate, yang digelar PT Novell Pharmaceutical Laboratories, baru-baru ini. 

Deep Talk Bareng, Anak Sedih Gegara Desta dan Natasha Rizky Berpisah

Jadi, kata dokter Ratno, saat memberikan nutrisi, jangan hanya memikirkan makronutrien saja, tapi juga mikronutrien seperti vitamin dan mineral. Dia pun mengatakan, jika kebutuhan nutrisi tidak terpenuhi dari makanan, maka pemberian suplemen diperbolehkan. 

Ilustrasi anak sedang makan

Photo :
  • Pixabay/vikvarga
Viral Isak Tangis Bocah Pecah Melihat Kepergian Ibunya yang Tewas Dibacok Ayahnya: Kenapa Bukan Aku?

Beberapa vitamin dan mineral yang termasuk dalam mikronutrien antara lain, vitamin A, C, K, dan vitamin B kompleks. Sementara mineral, di antaranya zat besi, kalsium dan kalium. 

"Beberapa anak memiliki pola makan yang baik sehingga kebutuhan nutrisi cukup. Namun beberapa tidak, suplemen dapat ditambahkan jika tidak tercukupi," tuturnya. 

Dalam acara yang sama juga diperkenalkan Egoji, suplemen yang diklaim dapat memelihara dan meningkatkan sistem imun anak maupun keluarga. Anita Anastasia Winata, Product Manager Egoji, turut memahami kegelisahan yang dihadapi orangtua perihal imbauan Kementerian Kesehatan RI untuk membatasi konsumsi obat dan multivitamin dalam bentuk sirup.

"Egoji adalah suplemen herbal untuk menjaga daya tahan tubuh yang memiliki bentuk sediaan kapsul, sehingga orangtua dapat membuka kapsul dan melarutkannya ke dalam air untuk diberikan kepada anaknya, dan dilengkapi dengan Egoji Gummy sebagai penetral rasa bagi anak-anak," ujar Anita.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya