Keren, Anak-anak Berkebutuhan Khusus Menjadi Ilustrator Jersey Peserta Tour de Borobudur

Kreasi anak-anak berkebutuhan khusus untuk Tour de Borobudur
Sumber :
  • Dokumentasi

VIVA Parenting  – Dalam rangkaian acara Tour de Borobudur XXII 2022 selain ada balap sepeda dari Stadion Manahan Solo hingga ke Candi Borobudur, anak-anak berkebutuhan khusus yang terlibat memperkenalkan karya mereka melalui fashion show dan workshop menggambar.

Ganjar Beri Sinyal PDIP di Luar Pemerintahan, Gerindra Tetap Ajak Bersama-sama

Pada tahun 2022 ini, Tour de Borobudur 2022 mengangkat tema Recover Together Recover Stronger adalah Tour De Borobudur terbesar usai pandemi dimana yang berbeda pada tahun ini adalah Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) turut berpartisipasi dalam merancang jersey keren peserta balap sepeda. Scrol untuk simak selanjutnya. 

Tour de Borobudur tahun ini akan kembali digelar 5-6 November 2022, mengambil start dari Stadion Manahan Solo hingga finish di Candi Borobudur.

Petinggi PPP Minta Pimpinan Realistis Segera Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

Dalam event TDB 2022, penyelenggara berkolaborasi bersama beberapa anak berkebutuhan khusus yang bergabung dengan Zoleka yang sangat luar biasa mendesain jersey para peserta. Zoleka adalah tempat pemberdayaan anak kebutuhan khusus sekaligus menjadi jembatan untuk memperkenalkan karya mereka kepada pasar. 

Para anak-anak berkebutuhan khusus yang terlibat adalah Anya, Darrian, Davin, Jordan, Jose, Latisha, Marthen, Nicholas, Oline dan Vina, yang merancang artwork dengan indah yang disematkan dalam jersey mengingatkan akan kearifan lokal dan hidup sehat. Tidak hanya jersey peserta, tetapi ada juga merchandise-merchandise TDB 2022 yang artworknya diilustrasikan oleh anak kebutuhan khusus ini.

Ganjar-Mahfud Ngaku Tak Dapat Undangan Penetapan Prabowo-Gibran, KPU Bilang Begini

Irene Ridjab,founder dari Zoleka mengatakan dengan dilibatkannya anak anak berkebutuhan, hal ini menunjukan jika mereka mampu tampil menunjukkan karya maupun keahlian yang mereka miliki, walaupun dengan keterbatasan mereka.

"Anak-anak berkebutuhan khusus yang terlibat dalam Tour de Borobudur ini perlu mendapatkan ruang, karena desainnya gak kalah loh, jadi kalau kita bikin baju, jaket, topi dan sebagainya tentu sangat bagus. Ketika mereka bisa berkarya dan berekspresi dari sisi seni, maka kita perlu memberikan banyak ruang kepada mereka (anak-anak kebutuhan khusus)," kata Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Zoleka dan Tour de Borobudur 2022 berharap dengan adanya kolaborasi bersama anak kebutuhan khusus dapat membangun kepedulian masyarakat terhadap anak-anak berkebutuhan khusus yang selama ini hanya dilihat sebelah mata dan kurang beruntung. 

Sesuai dengan kampanye yang diusung Zoleka, yaitu #BanggaMerekaBerdaya #KarenaKitaMerekaBisa, sebagai bentuk dukungan kita agar para anak berkebutuhan khusus berdaya. Besar harapannya mereka bisa berkarya secara produktif, berdaya, dan diterima oleh masyarakat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya