5 Makanan Padat Nutrisi yang Wajib Dikonsumsi Anak

Ilustrasi anak makan buah.
Sumber :
  • Pixabay/jill111

VIVA Parenting – Nutrisi untuk anak-anak tidak jauh berbeda dengan nutrisi untuk orang dewasa. Setiap orang membutuhkan hal yang sama, seperti vitamin, mineral, karbohidrat, protein dan lemak. Itulah yang disebut nutrisi. 

Bukan Hanya Mengedukasi, Tempat Ini Buat Nyaman Anak dan Orangtua

Namun, anak-anak membutuhkan jumlah nutrisi spesifik yang berbeda tergantung usianya. Pola makan terbaik untuk tumbuh kembang anak harus mempertimbangkan usia anak, tingkat aktivitas dan karakteristik lainnya. Yuk, scroll untuk info selengkapnya, moms!

Fokuslah pada makanan padat nutrisi yang dapat membantu anak-anak mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan sekaligus membatasi kalori secara keseluruhan. Berikut contoh makanan padat nutrisi untuk anak-anak, dilansir Mayo Clinic

Lama Sendiri, Cathy Sharon Bicara Kriteria Pasangan

Protein
Pilih makanan laut, daging dan unggas tanpa lemak, telur, kacang-kacangan, kacang polong, produk kedelai, serta biji-bijian tanpa garam. 

Terpopuler: Mitos Tentang Masturbasi Hingga Tips Memilih Camilan Sehat

Buah-buahan
Dorong anak untuk makan berbagai buah segar, kalengan, beku atau kering. Carilah buah kalengan yang ringan atau kandungan gula tambahannya rendah. Ingat, 1/4 cangkir buah kering dihitung sebagai satu porsi buah. 

Sayuran
Pilih kacang polong atau buncis, bersama dengan sayuran berwarna setiap minggu. Jika hanya menemukan sayuran kaleng atau beku, carilah sayuran yang rendah natrium. 

Biji-bijian
Pilih biji-bijian utuh seperti roti atau pasta gandum utuh, oatmeal, popcorn, quinoa atau nasi merah. 

Produk susu
Ajak anak untuk makan dan minum produk susu yang bebas atau rendah lemak, seperti susu, yogurt, dan keju. Minuman kedelai juga termasuk ke dalam produk susu. 

Untuk membatasi kalori anak, hindari gula tambahan seperti gula merah, gula jagung, sirup jagung dan madu. Batasi juga lemak jenuh seperti daging merah, hot dog, dan produk susu berlemak lainnya. Pizza, sandwich, burger dan burrito juga menjadi sumber lemak jenuh yang umum. Terakhir, batasi juga konsumsi garam berlebihan.

Ilustrasi parenting/orangtua dan anak/anak makan.

Photo :
  • Freepik/freepik

Di sisi lain, President Director Upfield Indonesia, Dicky Saelan, mengatakan, BlueBand di Indonesia senantiasa terus berinovasi dalam menghadirkan berbagai pengaruh positif di masyarakat, termasuk dalam hal mendukung tumbuh kembang anak.

"Hal positif tersebut salah satunya diwujudkan melalui konsistensi edukasi dan dukungan BlueBand di Indonesia untuk mendampingi para ibu dan ayah dalam membekali pertumbuhan anak sebagai generasi penerus bangsa, dengan menghadirkan nutrisi harian yang penting dengan cita rasa yang lezat,” jelas Dicky dalam keterangannya, dikutip Jumat 22 September 2023. 

Kilas balik pada tahun 1930-an, masa di mana minat masyarakat global terhadap kesadaran akan manfaat vitamin dan pilihan produk yang dapat mendukung kesehatan mulai tumbuh. Memanfaatkan tren tersebut, BlueBand mulai menambahkan vitamin A dan D ke dalam produknya, sekaligus mendorong penggunaan produk yang baik untuk kesehatan.

Inovasi untuk meningkatkan standar nutrisi terus dilakukan, hingga akhirnya BlueBand menambahkan kandungan Omega 3 dan 6 sebagai standar. Di mana Omega 3 dan 6 menjadi komponen penting untuk kesehatan jantung dan pertumbuhan anak, namun tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh.

Mempertegas komitmen BlueBand dalam mendukung tumbuh kembang anak, Ade Savitri selaku Marketing Director Upfield  Indonesia, percaya bahwa pemenuhan nutrisi memegang peranan penting untuk masa depan bangsa yang lebih baik.

"Oleh karena itu, BlueBand pun melengkapi produknya dengan nutrisi penting seperti Omega 3 dan 6, serta diperkaya vitamin yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak  terutama dalam hal kecerdasan,” ujar Ade.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya