Begini Cara Zaskia Adya Mecca Ajarkan Anak Soal Berbagi Sejak Dini

Konferensi Pers BAZNAS, Bango, dan Royco
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rizkya Fajarani Bahar

JAKARTA Zaskia Adya Mecca sudah mulai jarang tampil di layar lebar untuk berperan dalam sebuah proyek film besar-besaran maupun sinetron di televisi. Alasan utamanya membatasi pekerjaan di dunia hiburan adalah keenam anaknya yang perlu lebih banyak waktu untuk dihabiskan bersama di rumah. Sebagai seorang ibu, Zaskia tidak mau menyia-nyiakan kesempatan untuk mendidik anaknya secara langsung.

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Terutama di bulan Ramadhan, Zaskia Adya Mecca harus punya waktu ekstra untuk berkumpul dengan anak-anaknya. Pasalnya, di bulan suci ini adalah waktu yang tepat untuk mengajarkan kebaikan kepada sang anak. Dimulai dari hal kecil seperti berbagi dengan sesama.

"Kalau ajarkan kebaikan, berbagi sama anak-anak, insyaAllah itu sudah aku tanamkan dari mereka kecil. Jadi mereka melihat. Kalau anak-anak itu kan dari pada kita ngomong mereka lebih melihat dan meniru," kata Zaskia Adya Mecca, dalam konferensi pers BAZNAS, Bango, dan Royco, di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat 15 Maret 2024.

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Cara yang paling ampuh menurut istri Hanung Bramantyo tersebut adalah dengan memberikan contoh pada anak-anaknya. Alih-alih hanya mengatakan atau memberikan perintah kepada anak-anak untuk berbagi, Zaskia langsung mengajak mereka turun ke jalan memberikan bantuan kepada orang yang membutuhkan.

Meninggalnya Babe Cabita Ternyata Bikin Para Sahabat Iri, Kok Bisa?

"Jadi aku mencontohkan anak-anakku kalau bulan Ramadhan, aku ajak anak-anak berbagi, ketika punya makanan, apa yang mereka punya, bisa dibagi ke luar. Aku ajak mereka berbagi ke tempat orang-orang yang kurang beruntung," jelasnya.

Selain itu, Zaskia Adya Mecca juga mengajarkan anak-anak mandiri sejak dini. Ketika mengadakan syuting di rumah dan anak-anak ikut terlibat, maka Zaskia akan memberikan honor untuk mereka sebagai apresiasi kerja kerasnya. Tetapi, anak-anak Zaskia Adya Mecca itu juga sudah memahami bahwasanya uang honor yang didapatkan harus disisihkan sebagian untuk bersedekah.

"Jadi memang anakku kan suka ikut kerja kalau syuting di rumah. Nah, kalau gitu aku kasih mereka uang honor juga. Dari honor itu misalkan 100 ribu, mereka sudah tahu setengahnya harus dipisahkan dan dibagi buat yang lain," paparnya.

Perihal berbagi di bulan Ramadan, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) bekerja sama dengan Unilever Indonesia melalui brand Bango dan Royco menggelar acara Buka Puasa Akbar untuk para jamaah dan mustahik di Masjid Istiqlal. Kegiatan ini merupakan awal dari kelanjutan kerja sama antara kedua belah pihak yang kali ini hadir melalui program "Berbagi Sajian Lezat Penuh Kebaikan", berupa pendistribusian 50.000 paket puasa gratis ke 24 kota di Indonesia. Acara hari ini melibatkan lebih dari 5.000 orang dan dihadiri oleh jajaran Direksi Unilever Indonesia, jajaran Pimpinan BAZNAS RI, serta Imam Besar Masjid Istiqlal. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya