Menonton TV Lebih dari 6 Jam Aman untuk Anak?

Anak-anak asyik bermain gadget.
Sumber :

VIVA.co.id – Sejumlah ahli mengatakan bahwa anak-anak yang menghabiskan waktu hingga enam jam sehari bermain komputer atau menonton televisi tidak akan mengalami pengaruh buruk pada kesehatannya.

Anak Mulai Pakai Ponsel Harus Dipantau, Bisa Timbulkan Risiko Negatif Ini Bun!

Para psikolog di Florida yang meneliti lebih dari 6.000 remaja telah menemukan adanya hubungan antara penggunaan komputer dan TV dalam waktu lama dengan tingkat depresi dan kejahatan yang tipis.

"Data dari penelitian terbaru menunjukkan bahwa anak-anak mampu menggunakan gadget hingga enam jam sehari. Dampak negatif yang terlihat sangat kecil dan lebih banyak mempengaruhi pria," kata Dr Christopher Ferguson seperti dilansir The Sun.

Pentingnya Menetapkan Batasan Gadget pada Anak, Para Orang Tua Harus Tahu

Rata-rata jumlah screen time pada anak-anak, termasuk penggunaan ponsel, adalah 7-8 jam sehari.

Dr Ferguson mengatakan, menghabiskan banyak waktu di depan layar hanya berpengaruh pada kesehatan fisik saja. Hal ini dikarenakan anak-anak akan terhindari dari olahraga saat bermain gadget.

Jangan Sampai Terlewat Ramadan Sale di Blibli, Promo Spesial Smartphone iPhone, Samsung dan Oppo

"Jika rekomendasi untuk aktivitas fisik terpenuhi, screen time, meskipun bisa menjadi penyebab, tidak lagi dianggap sebagai pemicu obesitas," imbuh Dr Ferguson.

Dia menambahkan kalau berusaha membatasi screen time adalah alasan yang tidak realistik. Membuat batasan sempit, katanya, tidak sejalan dengan penggunaan layar sebagai bagian dari kehidupan modern. (ren)

Ilustrasi anak main HP/gadget.

Pakar Ingatkan Bahaya Screen Time, Ini Durasi yang Disarankan untuk Anak Main Gadget Bun!

Anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan memerlukan perhatian yang ekstra dari orang tuanya. Terutama dalam periode golden age yakni di usia 0 sampai 5 tahun.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024