Jika Anak Positif Meningitis, Begini Penanganannya

Ilustrasi ibu.
Sumber :
  • Pexels/Unsplash

VIVA.co.id – Si kecil yang positif mengidap meningitis, harus dilakukan penanganan segera. Selain itu, penanganan secara tepat, harus dilakukan oleh dokter ahli.

Langsung Serang Otak, Meningitis Anak Sebabkan Kematian

Penanganan dimulai dari tahapan pemeriksaan fisik. Hal ini dilakukan dalam rangka memastikan seberapa jauh kondisi meningitis dialami oleh si kecil.

"Awalnya pemeriksaan fisik dulu. Periksa apakah ada gangguan pada darah, saraf-saraf kranialis atau cairan otaknya," ujar spesialis anak, dr. Darmady Darmawan SpA., kepada VIVA.co.id.

Bayi Lelaki Lebih Rentan Terkena Meningitis

Setelahnya, dokter juga akan memeriksa penyebab dari meningitis yang menyerang anak. Karena, penyebab meningitis sendiri terdiri dari tiga jenis yaitu bakteri, virus dan jamur.

"Penanganan medis dilakukan sesuai dengan penyebabnya. Paling sering itu karena bakteri, sehingga harus diberikan antibiotik. Tapi kalau penyebabnya virus, cukup berikan obat simtomatik pada gejala-gejalanya," jelasnya.

Gejala Khas Meningitis pada Si Kecil

Dilanjutkannya, penanganan medis tersebut diharapkan dapat meringankan gejala-gejala serta keparahan dari penyakit tersebut. Tidak cukup sampai di penanganan medis, bahaya lain akibat meningitis, juga harus diawasi dengan radiologi.

"CT scan pada otak juga harus dilakukan. Hal ini untuk mencegah adanya dugaan penekanan intrakranial akibat bakteri meningitis yang sudah semakin menyebar," kata Darmady. (ren)

Ilustrasi siput raksasa

Pelihara Siput Raksasa Wanita Ini Hebohkan Netizen

Siput raksasa asal afrika ini diketahui membawa wabah meningitis.

img_title
VIVA.co.id
1 Agustus 2017