Pola Asuh Salah, Si Kecil Berisiko Rentan Stres

Ibu dan anak.
Sumber :
  • Pixabay/ Eelementus

VIVA.co.id – Dalam proses tumbuh kembang, anak membutuhkan banyak hal sebagai stimulasi perkembangan otaknya. Bagaimana cara orangtua mendidik, juga bisa mempengaruhi tumbuh kembangnya. Tak hanya dari ayah dan ibunya, orangtua yang sibuk seringkali menitipkan buah hati pada pengasuh.

3 Pola Asuh Orang Tua yang Berbahaya dan Berdampak Buruk pada Anak

Untuk itu, peran pengasuh juga penting, untuk menerapkan pola asuh dan pendidikan yang baik untuk si kecil. Semakin tinggi pendidikan ibu dan juga pengasuh, akan semakin baik pola asuh yang diterapkan untuk si kecil.

"Salah satu faktor perlindungan yang dibutuhkan anak adalah pendidikan seorang ibu atau pengasuh. Semakin tinggi pendidikan ibu, semakin benar pengasuhannya," ujar Spesialis Pendidikan Widodo Suhartoyo kepada VIVA.co.id.

Soal Pola Asuh Anak, Rinni Wulandari dan Jevin Julian Pakai Cara Teamwork

Menurut Widodo, pedidikan seorang ibu mampu melindungi anak dari pola pengasuhan yang salah. Jika pola asuh yang diberikan tidak tepat, tidak menutup kemungkinan anak akan mengalami masalah berarti.

"Pendidikan ibu atau pengasuh itu penting, karena kasih sayang yang diberikan juga akan diberikan secara benar. Pola pengasuhan yang salah, membuat anak menjadi pemalu," kata Widodo.

Pola Asuh Orang Tua Penting Untuk Cegah Stunting

Dilanjutkannya, pola pengasuhan tepat seharusnya memicu rasa kepercayaan diri yang baik pada anak. Sedangkan, anak yang pemalu, akan sulit bersosialisasi sehingga rentan stres.

"Permasalahannya saat anak pemalu, ia jadi sulit bersosialisasi. Atau pada ibu yang tidak bisa menuturkan bahasa yang baik, malah dengan membentak-bentak, bisa memicu stres pada anak," lanjut dia. (ren)

Natasha Rizky

Parenting Natasha Rizky Jadi Sorotan, Netizen Sindir Desta

Natasha Rizky mengaku tidak berani untuk memberikan tips gaya parentingnya. Sebab, Natasha merasa bahwa hingga saat ini masih banyak belajar menjadi orang tua. 

img_title
VIVA.co.id
3 April 2024