Lewatkan Sarapan, Hambat Pertumbuhan Janin Ibu Hamil

Ilustrasi ibu hamil.
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA.co.id – Pada masa kehamilan, sarapan yang tepat juga sehat, tentunya menjadi prioritas bagi perempuan yang tengah mengandung. Karena, pada saat mengandung, asupan yang masuk ke dalam tubuh perempuan, juga akan berpengaruh terhadap kondisi janin yang dikandungnya.

Justin Bieber dan Hailey Baldwin Bakal Punya Anak!

Sebab itu, Dr. Ulul Albab, Sp.OG, selaku perwakilan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengatakan, semestinya konsep sarapan yang sehat, bukan hanya untuk anak yang telah lahir, tetapi juga anak yang dalam kandungan.

Kondisi yang terjadi kemudian, jika ibu hamil tidak memenuhi asupan sarapan dan makanan secara keseluruhan yang tepat, akan menghambat pertumbuhan janin di dalam kandungan.

1000 Hari Kehidupan Penting untuk Cegah Stunting, Dimulai dari dan Sampai Kapan?

"Ibu hamil itu akan mual muntah pada trimester awal. Masalahnya kalau asupan gizinya tidak ada, maka akan dipastikan pertumbuhan janinnya terhambat dan ada burden phenomena (fenomena munculnya dampak masalah kesehatan dari masalah kesehatan lain), (misalnya) yang menyebabkan pertumbuhan berat badan bayi tidak sesuai dengan usianya," ungkap Ulul saat ditemui VIVA.co.id di Bandung beberapa waktu lalu.

Lebih jauh, anak yang tumbuh dengan asupan yang tidak tepat dari sang ibu, saat dewasa akan mengalami kelainan metabolik dan berisiko lahir dengan kondisi hiperaktif.

Ibu Hamil dengan Lupus Bisa Menular ke Anaknya?

"Maka, saat dewasa akan terkena ganguan metabolik dan hiperaktif. Maka harus dibuat terobosan bahwa ibu mual muntah tidak hanya makan makanan padat, tetapi juga makan makanan yang seimbang," kata dia. (asp)

Kaesang dan Erina Gudono

Pamer Foto USG di Depan Ka'bah, Kaesang Umumkan Erina Gudono Hamil

Di depan Ka'bah, Kaesang dan Erina berpose memamerkan foto USG calon buah hati mereka. Foto bahagia itu diunggah Kaesang di akun Instagram miliknya

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024