Kenali Kebutuhan Ideal Susu untuk Si Kecil

Ilustrasi anak minum susu
Sumber :
  • Pixabay/Candice_Rose

VIVA – Konsumsi susu nasional terus meningkat hingga 5 persen setiap tahunnya dengan rata-rata konsumsi sebesar 17,2 kg per orang per tahun. Terlebih, pada anak-anak, konsumsi susu juga sangat penting dalam perkembangan tubuhnya.

Pentingnya Asupan Protein Hewani Pada Anak untuk Cegah Stunting

Pertumbuhan konsumsi susu kian dikuatkan dengan temuan yang menyebutkan bahwa keluarga Indonesia mulai peduli akan makanan yang dikonsumsi, termasuk bagaimana para orang tua lebih memerhatikan kandungan gizi dan nutrisi yang dikonsumsi oleh buah hatinya setiap hari.

"Sebagai sumber kalsium, susu merupakan produk pangan dengan kandungan nutrisi lengkap yang paling mudah diserap khususnya oleh anak-anak dengan fungsi pencernaan normal saat masa tumbuh kembangnya. Agar dapat menyesuaikan tingginya kebutuhan nutrisi di tengah aktifnya kegiatan mereka, susu cair segar berkualitas yang mengandung keseimbangan nutrisi dapat menjadi solusi, salah satunya susu UHT," ujar pakar gizi, Emilia E. Achmadi MS., RDN, dikutip dari siaran pers yang diterima VIVA, Jumat 15 Desember 2017.

Menkes Ungkap Jenis Pangan Terbaik Cegah Masalah Gizi Anak

Ia menambahkan bahwa idealnya anak-anak berusia 2-5 tahun membutuhkan 400 – 600 cc susu segar sehari. Ini setara dengan 2 hingga 3 gelas sehari agar kelengkapan gizi hariannya terpenuhi.

"Susu dapat melengkapi nutrisi harian di luar makanan padat lainnya. Bahan-bahan premium yang terkandung dalam Susu cair, seperti protein, karbohidrat, vitamin dan mineral menjadikannya produk yang lengkap dan seimbang serta aman dikonsumsi sehari-hari oleh anak berusia di atas dua tahun," terangnya.

Moms, Beri Si Kecil 5 Nutrisi Ini untuk Jaga Imunitasnya di Musim Hujan

Namun, Si kecil biasanya cenderung menyukai susu dengan jenis varian rasa yang cukup banyak. Untuk itu, para orangtua bisa memilih produk susu cair dengan berbagai varian rasa agar makin menarik kemauan si kecil dalam konsumsi susu.

"Para orangtua, terutama Ibu, tentunya menginginkan agar anak dapat mengonsumsi susu yang tepat demi mendapatkan nutrisi terbaik setiap hari. Hal ini sangat dimudahkan dengan kehadiran susu cair yang mengandung semua kebaikan gizi susu serta menawarkan varian rasa beragam sehingga cenderung lebih disukai anak," papar Communications Manager Tetra Pak Indonesia, Gabrielle Angriani, di kesempatan yang sama.

Gisel dan Gempi.

Gara-gara Hal Ini, Gisel Pernah Dibuat Stres oleh Gampi

Artis Gisella Anastasia atau yang lebih akrab dengan nama Gisel bercerita tentang kegiatannya mengurus sang buah hati tercinta, Gempi yang kini sudah berusia 8 tahun.

img_title
VIVA.co.id
4 Juli 2023