Banyuwangi jadi Kota Festival Terbaik

Pantai Bangsring, Banyuwangi, Jawa Timur
Sumber :
  • ANTARA/Moch Asim

VIVA – Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama dengan Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, hari ini meluncurkan Top 77 Calendar of Event Banyuwangi Indonesia Festival 2018. Dalam kegiatan yang diselenggarakan di Gedung Sapta Pesona itu, Arief telah menetapkan Banyuwangi sebagai kota atau destinasi Festival Terbaik.

Banyuwangi, Pesona Ujung Timur Pulau Jawa yang Menawan

"Banyuwangi sudah ditetapkan sebagai kota festival terbaik. Ini karena festival yang dirancang di Banyuwangi telah memenuhi cultural values, commercial values, konsistensi pelaksanaan, serta berdampak pada pendapatan per kapita," ungkapnya, Kamis 1 Februari 2018.

Selain itu kata dia, kesiapan unsur 3A-nya (atraksi, amenitas, dan aksibilitas) terutama konektivitas udara dengan digunakannya Bandara Blimbingsari Banyuwangi oleh sejumlah maskapai nasional dari Jakarta, Surabaya, dan Bali.

Pesona Pantai Grand Watu Dodol Banyuwangi, Dapat Penghargaan ISTA 2019

Selain menjadi kota festival terbaik, lanjut dia, Banyuwangi pun tercatat sebagai daerah yang paling banyak menggelar festival selama setahun yakni sebanyak 77 event. Dengan begitu kata dia, setidaknya akan ada agenda setiap minggunya yang digelar di Banyuwangi.

"Tadinya baru ada 72 event sekarang sudah menjadi 77 event," jelas Arief.

Ramai Dianggap Lokasi KKN Desa Penari, Ini Pantangan Jika ke Rowo Bayu

Di sisi lain, Bupati Azwar Anas menyebut dari lima event baru yang cukup menarik adalah festival kampung coklat. Dengan adanya event yang akan digelar pada 12 Mei mendatang, dirinya berharap dapat mempopulerkan paket wisata edukasi pengolahan coklat.

"Ada penghasil cokelat terbesar dunia namanya glanmor. Sejak zaman Belanda. Sayangnya selama ini orang glanmor enggak pernah makan cokelat jadilah dibikin kampung cokelat. Dan di sana orang bisa makan pisang dalamnya cokelat. Semuanya coklat," beber Azwar. (ren)

Pemulihan Ekosistem Kawah Ijen

Plesiran ke Daerah Jawa Timur, Ini Daftar Tempat Kece di Banyuwangi

Dari Kawah Ijen hingga Pantai Plengkung

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2019