6 Wisata Alam Indonesia Ini Bikin Baper

Sejumlah wisatawan memotret Danau Kelimutu di Ende, NTT
Sumber :
  • ANTARA/Kornelis Kaha

VIVA – Berada di lokasi yang strategis membuat Indonesia memiliki alam indah dan kebudayaan beragam. Keindahan alam yang memukau dan budaya yang beragam berhasil mendorong wisatawan asing maupun domestik untuk berbondong-bondong datang ke Indonesia.

Ini Dia Maladewa-nya Indonesia, Tak Kalah Indah

Bahkan pamor sejumlah destinasi wisata alam Indonesia sudah sangat terkenal di dunia. Seperti Bali, Raja Ampat, Lombok, dan masih banyak lagi.

Lalu, destinasi wisata alam apa saja yang bisa dijadikan daftar liburan Anda? Berikut ini keajaiban alam Indonesia yang akan membuat Anda terpesona dan betah berlama-lama tinggal di sini.

Mantan Menteri Ikut Mendaki 7 Gunung dalam 100 Hari

1. Gunung Bromo

Keseruan Menjajaki Keindahan Alam Ngarai Sianok

Gunung Bromo adalah salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi di Indonesia. Ini tidak lain karena alamnya yang menakjubkan. Gunung berapi aktif berada di tengah dataran, yang disebut Laut Pasir (Segara Wedi), serta pancaran asap sulfur di puncak gunung menjadi salah satu pemandangan paling populer untuk diabadikan.

2. Danau Kelimutu

Danau vulkanik ini menjadi salah satu danau yang paling populer, karena warna airnya yang berubah-ubah akibat aktivitas vulkanik.

Mulai dari berbagai nuansa hijau sampai hitam, atau menjadi merah, coklat, dan sebagainya. Selama satu abad terakhir, salah satu dari tiga danau itu berubah warna sebanyak 44 kali. Setiap kali aktivitas serupa, penduduk setempat akan membawa persembahan untuk roh leluhur mereka, yang membuat keajaiban alam menjadi tempat yang penting secara kultural.

3. Labuan Cermin

Kata cermin di sini dapat menggambarkan pesona alam danau ini. Saking jernihnya Anda bisa melihat ke dasar danau tanpa harus snorkeling atau peralatan apa pun.

Yang unik dari danau ini adalah adanya perbedaan air. Air di bagian bawah merupakan air asin, sedangkan air di bagian atas merupakan air tawar. Berenang di bawah permukaan, Anda bisa melihat habitat berubah dari ikan air tawar menjadi organisme air asin eksotis.

4. Air terjun Coban Sewu

Meiliki arti "seribu air terjun" dalam dialek lokal, air terjun ini memang memiliki aliran air yang tak terhitung jumlahnya yang jatuh dengan anggun dari tebing yang rimbun.

Air yang jernih dan deras mengalir melalui bebatuan dan tanaman hijau, menghias bukit cekung dengan latar belakang buih yang indah. Wisatawan dapat mengamati keajaiban alam dari atas perbukitan yang berdekatan atau turun di bawahnya untuk berenang di air pegunungan yang sejuk.

5. Piramid Cartensz

Pegunungan Cartenz dapat memukau siapa saja karena pesona pegunungannya yang indah, dan sebagian karena ketidaksamaan dan keunikan yang ditimbulkannya sebagai gunung bersalju di negara tropis yang belum pernah melihat salju di tempat lain.

Sebagai puncak tertinggi di Indonesia yang berada di Gunung Jayawijaya di Papua, dan masuk tujuh puncak gunung tertinggi di dunia, dan menarik pejalan kaki dari seluruh dunia. Beberapa ratus meter di bawah puncaknya adalah Danau Idenberg, danau misterius yang menguras dan mengisi dirinya sendiri, dengan sesekali penampilan angsa hitam yang menakjubkan.

6. Pantai Kelingking

Ditemukan sejak tahun 2003, pantai yang ada di Nusa Penida, sebuah pulau kecil di lepas pantai Bali, ini memiliki pesona alam yang murni. Ditandai dengan semenanjung ikonik yang tampak memeluk daerah pantai di bawahnya, tempat ini begitu indah jika dilihat dari atas tebing. Anda bisa menemukan pemandangan pasir putih, dan area perairan yang bening.

Di sini, wisatawan bisa melihat pari manta berenang saat air dangkal. Tidak hanya itu, Anda bisa menjelajahi gua-gua di sekitar pantai yang berfungsi sebagai rumah bagi burung layang-layang. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya