Tips Liburan Hemat Tanpa Kekurangan Biaya

Ilustrasi liburan
Sumber :
  • Pexels/Pixabay

VIVA – Rasanya semua orang sepakat bahwa traveling membutuhkan banyak uang. Tentunya hal itu membuat Anda harus cerdik dalam mengatur keuangan dan pandai memilah kapan mengeluarkan uang dan kapan berhemat, tapi dengan tetap mendapatkan perjalanan yang memuaskan.

Jerome Polin Bagikan Tips Traveling Anti-Mainstream ke Jepang Tanpa Khawatir Dompet Kering

Maka dari itu, salah satu hal yang paling utama dilakukan adalah menyusun bujet selama melakukan perjalanan. Hal ini penting agar menjaga Anda untuk bisa berlibur tanpa harus kehabisan uang selama melakukan perjalanan. Pernyataan ini pun disetujui oleh travel blogger travelmulu.com, Ananda Rasulia Wirawan. 

Foto travelling.

Tips Liburan Hemat ke Genting Highlands Malaysia Ala 3 Travel Influencer

"Kalau saya tipikal yang menentukan perkiraan bujet dulu di depan, baru menyusun semua hal tentang liburan. Misal hanya ada bujet Rp3 juta, maka saya akan membaginya untuk tiket, penginapan, transportasi dan makan," katanya saat dihubungi VIVA melalui surel, Kamis malam, 1 Maret 2018. 

Selain itu, menggunakan transportasi online dibandingkan dengan menyewa mobil beserta sopirnya ketika berada di kota-kota tujuan pun juga bisa menekan bujet liburan. 

Rekomendasi 4 Negara untuk Liburan Hemat Jelang Akhir Tahun 2022

Suasana liburan di pantai Ericeira

"Karena kita tidak perlu membayar sopir dan memikirkan makan dan overtime dari sopir tersebut. Dan kita tidak perlu juga menyetir sendiri dan mencari jalan di peta. Jadi bisa lebih santai. Apalagi pergi ramai-ramai. Bisa patungan tarif dan tidak perlu tunjuk-tunjukkan menyetir, kan?" kata dia.

Dia pun menyarankan agar setiap para wisatawan yang ingin bepergian selalu menyiapkan bujet tidak terduga. Ini penting untuk mencegah Anda kehabisan uang selama di perjalanan. 

"Harus ada bujetnya juga. Tapi pastikan mematuhi rencana bujet sendiri yang telah dibuat, jangan terlalu asyik sendiri misal saat memesan makanan berlebihan, atau saat belanja dan mudah lapar mata," tuturnya. 

Nanda menambahkan agar selalu membawa uang tunai dan menyisakannya di bank. “Penting juga untuk menyimpan uang di tempat yang berbeda jangan di dompet semua, misalnya di kantong tas atau koper," terang dia.

Apabila ingin membeli oleh-oleh, bisa mengunjungi pasar tradisional yang memiliki harga jauh lebih murah dibanding dengan toko-toko atau pusat perbelanjaan. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya