Rekomendasi 4 Negara untuk Liburan Hemat Jelang Akhir Tahun 2022

Salah satu wisata populer di Jepang, Nikko.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Selama sekitar dua tahun, pandemi COVID-19 membuat rencana traveling ke luar negeri harus tertunda. Kini, setelah situasi semakin kondusif dan antusiasme untuk traveling meningkat, tentu menjadi momen pas untuk kembali merencanakan petualangan. 

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Travelers bisa mempertimbangkan beberapa negara dengan biaya transportasi, akomodasi, makan, dan tempat wisata yang terjangkau agar alokasi anggaran tak sepenuhnya ludes hanya untuk jalan-jalan.

Berikut ini adalah rekomendasi empat negara ala Pegipegi yang bisa Anda jadikan tujuan liburan hemat jelang akhir tahun 2022 beserta referensi budget-nya: Scroll yuk untuk simak selengkapnya. 

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

1.Thailand

Wisata Bangkok, Thailand.

Photo :
  • Pexels
DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Negeri Gajah Putih ini merupakan negara yang sangat terjangkau untuk Anda kunjungi. Thailand menawarkan banyak hal menarik yang bisa membuat momen liburan Anda tetap menyenangkan, meski anggaran yang dimiliki cenderung terbatas. 

Jika ingin memesan tiket pesawat menuju Bangkok untuk liburan di bulan November, harga termurah bisa Anda dapatkan di hari Senin dan Minggu pekan keempat dengan kisaran harga terendah, yakni Rp1,73 juta. Pada bulan Desember, tiket termurah ke Bangkok bisa diperoleh pada awal bulan hingga pekan kedua dengan harga Rp1,95 juta –untuk keberangkatan hari Senin atau Rabu–.

Biaya harian termurah saat liburan di Thailand yaitu sekitar Rp309 ribu hingga Rp600 ribu untuk asumsi biaya penginapan, transportasi, hingga makan. Jika Anda ingin mengeluarkan sedikit biaya lebih, penginapan hotel bintang tiga di Thailand bisa didapatkan mulai dari Rp200 ribuan per malam.

Anda bisa mengunjungi sejumlah destinasi istimewa di Thailand secara gratis. Di Bangkok, Anda bisa melihat pemandangan kota dan gedung-gedung tinggi, jalan-jalan ke Chinatown, mendatangi sejumlah kuil, pasar apung, pasar akhir pekan, hingga mengunjungi patung Buddha berbaring di Kuil Wat Pho. 

Kawasan Chiang Mai yang terkenal dengan kerumunan nomaden digitalnya, tur trekking, dan pasar malamnya juga bisa menjadi pilihan berikutnya. Anda bisa pergi ke kawasan Koh Samui yang menawarkan destinasi wisata lengkap, seperti pantai, air terjun, candi, dan lanskap alam lainnya tanpa mengeluarkan uang sama sekali.   

2. Malaysia

Wisata Malaysia

Photo :
  • Pixabay/Walkerssk

Malaysia selalu masuk dalam salah satu destinasi luar negeri favorit masyarakat Indonesia. Negeri tetangga ini memang menawarkan kenikmatan wisata berkat letaknya yang dekat, budaya yang masih cenderung mirip, harga tiket pesawat yang terjangkau, dan destinasi wisata yang beragam.

Tiket pesawat termurah menuju Malaysia bisa didapatkan di hari Minggu pekan kedua bulan November dengan kisaran harga Rp1,13 juta. Jika ingin bepergian pada bulan Desember, tiket termurah bisa didapatkan pada awal pekan dengan harga tiket Rp1,2 juta. Untuk biaya penginapan di hotel termurah Negeri Jiran dipatok mulai dari Rp199 ribu per malam. Sedangkan untuk penginapan budget ala kamar asrama bisa lebih murah lagi, yakni mulai Rp98 ribuan per malam.

Saat jalan-jalan, ada baiknya Anda menggunakan transportasi umum. Malaysia memiliki layanan transportasi umum yang memadai dan terjangkau, seperti kereta dan bus. Salah satu yang bisa dimanfaatkan adalah Bus Go KL yang dapat Anda manfaatkan secara gratis. 
Sedangkan untuk makanan, hidangan Malaysia biasanya sangat kental dengan unsur budaya Cina, India, Indonesia, Thailand, dan Singapura. Nasi dan mie adalah dasar dari sebagian besar hidangan. Sedangkan lauk berupa ayam, sapi, dan ikan menjadi menu utama di sini. 

Ada hidangan khas seperti nasi lemak, roti canai, hingga ikan bakar laksa yang bisa Anda cicipi. Berbagai menu makanan utama dan jajanan ini bisa didapatkan di warung kaki lima pinggir jalan dengan kisaran harga mulai dari Rp6.500 hingga Rp50 ribuan.

Selama berlibur di Malaysia, Anda bisa berkunjung ke kawasan Menara Kembar Petronas, Menara KL, Daerah Bukit Bintang, Jalan Alor, Masjid Jamek, Jalan Masjid India, Pasar Seni, Dataran Merdeka, Jalan Petaling (kawasan Pecinan), Taman Tasik Perdana hingga Kuil Sri Mahamariamman. Semua destinasi tersebut tidak dipungut biaya tiket masuk alias gratis.

Apabila ingin ke pulau untuk menikmati wisata alam dan pantai, seperti Langkawi dan Penang, gunakanlah kapal feri. Biaya tiket kapal feri ke Langkawi sekitar 60 ringgit Malaysia atau sekitar Rp196 ribu. Sedangkan tarif feri menuju Penang lebih murah lantaran lebih dekat dengan daratan utama.

Jika Anda memiliki budget lebih untuk bepergian keluar kawasan Asia Tenggara, Jepang adalah salah satu pilihan terbaik. Negeri Sakura yang memadukan unsur tradisi dan modernitasnya ini menawarkan segudang pesona yang bisa memanjakan liburan Anda jelang akhir tahun 2022.

Anda bisa memesan tiket pesawat murah untuk keberangkatan bulan November di hari Senin pekan kedua atau ketiga, yakni sekitar Rp3,96 juta. Sedangkan untuk keberangkatan bulan Desember, ada baiknya memesan tiket pesawat di pekan pertama dengan kisaran harga termurah Rp4,55 juta. Harga tiket untuk keberangkatan tanggal 15 hingga 31 Desember lebih tinggi, yakni sekitar Rp5,93 juta sampai Rp7,9 juta.

Untuk penginapan, Anda bisa memilih hostel karena lebih murah dan fasilitasnya pun tidak begitu kalah jauh dengan hotel berbintang. Harga hostel di Jepang biasanya sekitar Rp150 ribu hingga Rp500 ribu per malam.

Terkait transportasi, jika Anda hanya ingin berlibur di sekitar Tokyo atau Osaka-Kyoto, dengan asumsi mengunjungi 3–4 tempat wisata per hari, biaya transportasi umum (kombinasi Metro, Subway, dan bus) yang dibutuhkan mulai dari 1.000 yen atau setara Rp103 ribuan. Apabila ingin berkunjung ke tiga wilayah tersebut secara bersamaan, disarankan untuk membeli JR Pass agar lebih hemat.

Makanan di Jepang bisa sangat murah, apalagi jika Anda membeli street food. Banyak pula tempat makan yang menawarkan set menu murah dengan harga sekitar 1.000 yen selama jam makan siang dan bento box yang tersedia dengan harga sekitar 500 yen atau sekitar Rp50 ribuan. Sedangkan menu ramen dan udon harganya mulai dari 1.000 hingga 1.500 yen atau sekitar Rp150 ribuan.

Jepang memiliki banyak destinasi gratis yang bisa dikunjungi. Anda bisa mampir ke Sensoji Temple, Takeshita Street, Tokyo Tower, Tokyo Sky Tree Tower, Patung Hachiko, Crossroad Shibuya, Sumida River, Akihabara, Namba Shrine, Fushimi Inari hingga Arashiyama.

Kali Cheonggyecheon, salah satu tujuan wisata favorit di Kota Seoul, Korea Selatan.

Photo :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq

Seiring budaya K-Pop yang semakin mendunia, membuat Korea Selatan menjadi salah satu destinasi impian para travelers. Selain dikenal karena wisata budaya dan belanjanya, Korea Selatan juga menawarkan destinasi wisata alam yang beragam dan indah.

Jika ingin berangkat pada bulan November, Anda disarankan memesan tiket pesawat untuk keberangkatan pada hari Kamis pekan ketiga dengan harga mulai dari Rp3,3 juta. Apabila Anda memilih bulan Desember, pesanlah tiket pesawat dengan jadwal keberangkatan tanggal 1, yakni mulai dari Rp3,35 juta. Untuk jadwal kepulangan, Anda bisa memilih tanggal 5 atau 8 dengan kisaran harga mulai dari Rp4,76 juta.

Selama di Korea, apabila berencana bepergian ke beberapa kota dalam waktu singkat, pertimbangkan untuk membeli Korail Pass. Fasilitas ini tersedia dengan pilihan harga sesuai rentang waktu perjalanan, yaitu opsi 2, 3, 4 dan 5 hari. Untuk travelers berusia 13-27 tahun, tarifnya mulai dari Rp1 jutaan. Sedangkan untuk usia 28 tahun ke atas, harganya mulai dari Rp1,3 jutaan.

Jika ingin jalan-jalan menggunakan bus dan kereta bawah tanah, belilah kartu transit Tmoney seharga 2.500 won atau setara Rp27 ribuan. Top-up saldo sendiri bisa dilakukan di sejumlah toserba, seperti 7-Eleven, CU, GS25, dan Ministop. Kartu Tmoney membuat biaya transportasi Anda lebih hemat. 

Untuk penginapan, Anda bisa menginap di guest house agar lebih terjangkau. Misalnya di Seoul, Anda bisa menemukan guest house dengan harga mulai dari Rp100 ribu per malam. Lokasi menginap strategis sebaiknya di kawasan Hongdae, Gangnam, Itaewon, dan Myeong Dong. Keempat lokasi ini dekat dengan banyak tempat wisata, jajanan hingga street performance.

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan secara gratis di Korea, seperti nongkrong di tepi sungai di Hangang Park, melihat 12.000 artefak kuno di Museum Nasional Korea, bersantai di Taman Hutan Gyeongui Line, melihat arsitektur futuristik di Dongdaemun Design Plaza, hingga belanja dan jajan di Myeongdong Shopping Street.

Bagi yang tertarik berkunjung ke salah satu destinasi di atas, Anda dapat memanfaatkan promo Pegipegi PAS (Pesan Aja Sekarang). Dengan promo ini, Anda bisa staycation hemat akhir tahun di domestik dan luar negeri mulai dari Rp150 ribu. Selain itu, Anda juga bisa terbang hemat di akhir tahun mulai dari Rp600 ribu untuk perjalanan domestik maupun luar negeri. Promo ini bisa Anda dapatkan mulai 24 sampai 31 Oktober 2022.

Temukan juga berbagai promo menarik lainnya untuk #PegipegiLagi #PegipegiYuk yang lebih hemat! Jangan lupa, selalu menjaga protokol kesehatan kapan pun dan di mana pun demi keamanan, kenyaman, dan kesehatan Anda selama liburan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya