Destinasi Terbaik Pilihan Pelancong, Bali Kalahkan Phuket

Sejumlah wisatawan asing melihat pemandangan rumah tradisional di Desa Penglipuran, Bangli, Bali.
Sumber :
  • ANTARA/Nyoman Budhiana

VIVA – Pulau Dewata, Bali, tak henti-hentinya membuat bangga masyarakat Indonesia. Baru-baru ini TripAdvisor, salah satu situs ternama untuk mencari referensi perjalanan, merilis daftar destinasi wisata seluruh dunia terbaik menurut para pelancong dari seluruh dunia. Bali menempati posisi keempat, setelah Roma, Italia. 

KIRANA Group Mengubah Lanskap Pariwisata Bali dengan Inisiatif Baru

Penentuan pemenang untuk kategori ini tidak sembarangan. Dilansir laman Metro, Senin 25 Juni 2018, pemenang ditentukan dengan menggunakan algoritma berdasar jumlah kuantitas dan kualitas ulasan dan peringkat untuk hotel, restoran, dan atraksi wisata di seluruh tujuan wisata di dunia, dan semua itu dikumpulkan dalam masa lebih dari 12 bulan melalui TripAdvisor. 

Peringkat pertama untuk destinasi wisata terbaik pilihan pembaca adalah Paris (Prancis), kemudian London (Inggris), Roma (Italia), Bali (Indonesia), Crete (Yunani), Barcelona (Spanyol), Praha (Republik Ceko), Marrakech (Maroko), Istanbul (Turki), New York (New York). 

Pemkot Denpasar Harapkan Penghargaan Tingkatkan Sektor Pariwisata dan Kebudayaan Kota

Meski posisi Bali yang pada 2017 ada di posisi pertama digeser oleh Paris, hasil kali ini jauh lebih mengejutkan jika mengetahui posisi New York yang pada 2017 ada di posisi 5 dan di 2018 ini ada di posisi buncit. 

Sementara Phuket (Thailand), Siem Reap (Kamboja), juga sudah tak lagi ada dalam daftar, digantikan dengan Istanbul dan Marrakech sebagai pendatang baru tujuan wisata terbaik dunia pilihan pembaca TripAdvisor. Dengan tergesernya dua tempat tersebut, juga menjadikan Indonesia sebagai satu-satunya negara di Asia yang masuk daftar pilihan tersebut. 

Sindiran Menohok Pemprov Bali ke Filipina Usai Comot Pemandangan Sawah Ubud
Ilustrasi wisatawan asing

Dinas Pariwisata Bali Gencar Antisipasi Kejahatan dan Gangguan Wisatawan

Selama tahun 2023, lebih dari 5 juta wisatawan asing (wisman) berkunjung ke Provinsi Bali, jumlah ini melebihi yang ditargetkan Dinas Pariwisata Bali.

img_title
VIVA.co.id
18 Januari 2024