Sandiaga Uno Sambut Turis Asing Pertama RI di 2023: Jangan Lupa Rojali!

Menparekraf Sandiaga Uno menyambut wisatawan asing pertama di Bali tahun 2023
Sumber :
  • Antara

VIVA Bisnis – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyambut dua wisatawan mancanegara pertama pada tahun 2023 di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali. Dua wisatawan tersebut merupakan turis asal Toronto, Kanada.

Ada Unsur 21+, Netizen Salfok Kue Bridal Shower Mahalini Raharja

Adapun dalam foto yang diunggah Sandiaga lewat akun Instagramnya @sandiuno, tampak dirinya berfoto dengan sejumlah wisatawan mancanegara dan beberapa penari yang turut menyambut kedatangan tersebut.

"Beginilah antusias wisatawan mancanegara (wisman) yang akan berwisata #DiIndonesiaAja. Sampai-sampai saya ikut foto aja ketutupan di belakang, jadinya jinjit deh," kata Sandiaga Uno Minggu, 1 Januari 2023.

Anak Muda di Yogya Diajak Diskusi Ramu Kebijakan Pariwisata Berkelanjutan

Sandiaga menyebutkan, wisatawan mancanegara itu tiba di Bali, Indonesia dengan pesawat Korean Air dari Incheon, Korea Selatan, pada pukul 00.00 WITA.

"Tengah malam tadi, pukul 00.00 WITA wisatawan mancanegara pertama di tahun 2023 telah mendarat di Bandara I Gusti Ngurah Rai, kedatangan mereka disambut oleh para penari Bali. Kita buat meriah," ujarnya.

Kendaraan Tempur Pengawal Para Kepala Negara saat World Water Forum di Bali

Menparekraf Sandiaga Uno menyambut wisatawan asing pertama di Bali tahun 2023

Photo :
  • IG Sandi Uno

Selain pasangan suami istri tersebut, juga ada beberapa wisatawan dari Korea Selatan yang disambut dengan hangat. Sandiaga didampingi Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati memberikan kalungan bunga dan juga suvenir kepada para wisatawan yang pertama menginjakkan kakinya di Indonesia pada tahun 2023.

"Selain dari Toronto, ada beberapa pasang wisatawan dari Korea Selatan. Jadi 1 Januari 2023 ini mudah-mudahan setelah PPKM diakhiri akan menjadi lembaran baru dari pariwisata Indonesia," ujar Sandiaga.

Sandiaga mengungkapkan alasan datangnya turis mancanegara tersebut karena keindahan alam dan budaya Indonesia yang beranekaragam. Turis asal Toronto, Kanada, tersebut akan mengunjungi Bali beberapa tempat dan diving. Setelah itu mereka juga akan ke Yogyakarta dan beberapa destinasi lainnya

"Durasi tinggal mereka ada yang sampai satu bulan dan sangat memberikan dampak peningkatan ekonomi," jelasnya.

Sandiaga menyatakan, dengan peningkatan ekonomi tersebut maka akan mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan membuka lapangan pekerjaan.

"Menggeliatkan UMKM serta membantu penciptaan 4,4 juta lapangan kerja sampai 2024. Selamat berwisata di Indonesia, jangan lupa jadi ROJALI (rombongan jadi beli) ya guys! Geliatkan ekonomi kreatif dan jangan ditawar ya harganya," imbuhnya.

Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) turut menyambut dengan penuh suka cita wisatawan mancanegara pertama di tahun 2023 yang berkunjung ke Indonesia, khususnya Bali.

"Mudah-mudahan ini awal yang baik, length of stay yang sementara sekarang ada sekitar 5 hari sampai 1 pekan kita harapkan bisa lebih, kembali lagi ke masa-masa kejayaan kita dulu di atas 10 hari. Mudah-mudahan ini adalah awal yang baik bagi masyarakat pelaku pariwisata. Mari kita songsong tahun 2023 dengan penuh harapan, optimisme dan kita bisa bangkit kembali," ujar Cok Ace.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya