Liburan di Dalam Kota? Ini Tips Pilih Penginapan

Ilustrasi Kamar Hotel.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Bagi masyarakat Indonesia, bulan Agustus 2018 terasa lebih spesial. Selain menjadi tuan rumah dari pesta olahraga terbesar se-Asia, ternyata hari libur nasional Kemerdekaan Indonesia ke-73 ini jatuh pada hari Jumat sehingga masyarakat bisa menikmati long weekend.

Staycation dan Workcation, Makin Ngetren Sejak Pandemi

Menurut data internal Pegipegi, long weekend banyak dimanfaatkan oleh para pelanggan untuk staycation (liburan dalam kota) ke hotel-hotel favorit. Nah, bicara tentang staycation, berikut ini beberapa rekomendasi, khususnya hotel atau akomodasi yang sesuai dengan tipe-tipe traveler.

Single trip (solo traveler)

Siapkan 3 Item Wajib Ini Saat Liburan Ke Tempat Dingin

Bagi pelanggan yang berencana melakukan single trip, ada baiknya   untuk memilih akomodasi yang dilengkapi dengan fasilitas kolam renang dan layanan spa. Ini karena kedua fasilitas tersebut cocok untuk menikmati ‘me time’.

Selain itu, akomodasi yang dekat dengan atraksi menarik seperti mal atau pusat perbelanjaan juga bisa dipilih sebagai alternatif hiburan. Hal ini semakin didukung berdasarkan data Customer Review. Dari total fasilitas hotel yang dapat dipilih tipe single trip ini, ada sekitar 10 persen pelanggan memilih hotel yang dekat dengan pusat perbelanjaan. Selain itu, terdapat juga sekitar 15 persen pelanggan memilih hotel yang dilengkapi dengan fasilitas room internet connection.

Liburan Saat Pandemi, Ingat 3 Hal Ini Saat Pesan Hotel

Couple trip

Bagi yang berlibur atau staycation bersama pasangan, memilih  akomodasi dengan fasilitas kolam renang pribadi atau private pool juga bisa menambah suasana romantis bersama pasangan.

Pilih juga akomodasi yang menawarkan pemandangan cantik, seperti gunung atau laut.  Selain itu, fasilitas hotel yang menyediakan paket breakfast dan dinner romantis bisa menambah liburan menjadi semakin spesial bersama pasangan.

Business trip

Bagi business traveler, liburan bukan menjadi fokus utama. Pemilihan akomodasi dengan fasilitas business center sangat direkomendasikan, karena dapat mendukung kebutuhan. Usai lelah menjalani aktivitas bisnis, pelanggan bisa memanfaatkan layanan spa untuk melepaskan penat.

Fasilitas lain yang cocok di tipe ini yaitu dekat dengan mal atau pusat perbelanjaan. Hal tersebut dapat membantu menghemat waktu saat harus membeli berbagai keperluan tambahan atau dadakan, khususnya untuk aktivitas bisnis.

Travel with friends dan group tour

Bagi pelanggan yang berencana melakukan perjalanan bersama teman atau group tour, sangat direkomendasikan memilih akomodasi yang nyaman dan strategis. Pemilihan hotel yang menyediakan promo juga bisa lebih meringankan kantong karena traveler jenis ini biasanya membutuhkan kamar dengan jumlah lebih dari satu.

Berdasarkan data yang Pegipegi punya, tipe traveler ini tidak terlalu mementingkan fasilitas hotel yang lengkap, namun fasilitas basic seperti AC, room internet connection, free lobby wifi, sudah menjadi fasilitas wajib dan paling diminati. Selain itu, traveler jenis ini juga lebih banyak memilih hotel minimalis dan instagramable dengan tema menarik.

Family trip

Bagi pelanggan yang ingin berlibur bersama keluarga, akomodasi dengan fasilitas lengkap dan ramah anak harus jadi prioritas. Mulai dari kolam renang, area bermain, layanan spa, pusat kebugaran, kamar mandi bathtub, hingga lokasi strategis yang dekat dengan pusat perbelanjaan dan tempat wisata, atau atraksi menarik lainnya.

Selain dapat memenuhi kebutuhan keluarga, fasilitas yang lengkap dan ramah anak juga bisa menambah kenyamanan, khususnya si buah hati.

Dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia, Pegipegi menghadirkan program khusus yang berlangsung pada tanggal 13-24 Agustus 2018 dengan menawarkan diskon tiket pesawat Rp125 ribu dan hotel hingga Rp2 juta. 

Selain itu, bagi yang ingin berlibur sekaligus mendukung langsung timnas Indonesia, bisa langsung memanfaatkan promo ‘Dukung Timnas’ dalam rangka Asian Games 2018 yang berlangsung hingga awal September 2018. Promo ini menawarkan diskon tiket pesawat Rp300 ribu hotel hingga 20 persen, dan tiket kereta api Rp50 ribu khusus pemesanan via aplikasi Pegipegi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya