Menjelajah 8 Akuarium Terbesar di Dunia

Churaumi Aquarium, Motobu, Jepang
Sumber :
  • instagram Churaumi Aquarium, Motobu, Jepang

VIVA – Apa yang terlintas di kepala saat melihat sebuah akuarium? Tanki kaca berisikan air dan beberapa batu koral serta kawanan ikan hias yang mewarnai akuarium. Namun, akuarium yang kerap mengisi ruang kecil di sudut rumah tak berlaku lagi ketika Anda melihat akuarium-akuarium raksasa yang tersebar di berbagai belahan dunia ini.

Ria Ricis Dipuji Jadi Putri Duyung di Akuarium Raksasa, Netizen: Mermaid Syar'i

Mulai dari akuarium di Dubai hingga replika samudera bersama Nemo di Florida sontak membuat terkagum-kagum lantaran menyuguhkan momen melimpah untuk menciptakan foto-foto keren. Penasaran, terbang bersama Thai Airways untuk menjadi saksi betapa besarnya 8 akuarium megah berikut. 

Diambil dari berbagai sumber, berikut delapan akuarium paling epik di dunia. 

Unik, Hotel Ini Miliki Akuarium Raksasa

1. Ambassador Lagoon, Dubai 

Di Dubai ada sebuah akuarium ukuran raksasa yang diberi nama Ambassador Lagoon. Ambassador Lagoon memiliki ukuran yang sangat besar, dan dapat menampung air sebanyak 11 juta liter atau 2,9 juta galon.

Yakin Ayu Ting Ting Bakal Nikah Sama Muhammad Fardhana, Ayah Ojak Minta 4 Cucu

Akuarium ini memiliki sekitar 60 ribu makhluk laut dari 250 spesies yang berbeda. Selain menikmati biota laut dari balik kaca, di sini Anda juga dapat melakukan snorkeling dan diving untuk melihat makhluk laut yang menghuni akuarium ini secara langsung. 

2. South East Asia (S.E.A.) Aquarium, Pulau Sentosa, Singapura

Jika ingin melihat wujud ikan pari manta tanpa harus menceburkan diri ke dalam laut, maka S.E.A. Aquarium ini merupakan tempat yang sangat tepat bagi Anda. Selain ikan pari manta, ada sekitar 800 spesies lain yang menghuni akuarium ini. Sebelumnya, S.E.A. Aquarium merupakan akuarium yang terbesar di dunia bila diukur dari jumlah air yang ada di dalam akuarium yakni sekitar 45,2 juta liter air.

3. Chimelong Ocean Kingdom, Hengqin, China

Akuarium yang dibuka pada 2014 ini didaulat menjadi akuarium yang terbesar sekaligus terbaik di dunia. Butuh air sebanyak 22,7 juta liter untuk membuat akuarium paling besar di tempat ini terisi penuh.

Sebuah akuarium yang memiliki panel kaca selebar 39,6 meter dengan tinggi sekitar 8 meter ini menjadi atraksi utama Chimelong Ocean Kingdom. Di sini Anda dapat melihat beberapa jenis ikan hiu, termasuk hiu paus yang berukuran besar.

4. Georgia Aquarium, Atlanta, Amerika Serikat

Georgia Aquarium merupakan satu-satunya akuarium yang memiliki koleksi hiu paus. Menempati posisi kedua dalam akuarium terbesar di dunia, akuarium ini memiliki total volume air untuk mengisi akuarium sebanyak 24 juta liter. Satwa air di tempat ini terbagi ke dalam lima kategori yakni Tropical Diver, Ocean Voyager, Cold Water Quest, River Scout, dan Dolphin Tales.

5. Oceanografic, Spanyol

Selain membahas mengenai sepakbola, Spanyol ternyata memiliki hal menarik di samping kekuatannya akan si kulit bundar tersebut, yakni akuarium terbesar yang mereka miliki yakni Oceanigrafic.

Akuarium terbesar di Spanyol ini ternyata dapat menampung total air sebanyak 42 juta liter atau 11 juta galon. Meski dibandingkan dengan akuarium yang ada di dunia, Oceanogragic hanya menempati posisi ketiga, di Eropa, Oceanografic menjadi akuarium terbesar yang pernah ada. Akuarium ini menjadi rumah bagi lebih dari 45 ribu makhluk laut yang lebih dari 500 jenis.

6. Churaumi Aquarium, Motobu, Jepang

Churaumi Aquarium merupakan bagian dari Ocean Expo yang berada di Motobu, Pulau Okinawa. Terdapat dua ekor ikan hiu paus, dan hiu macan yang menghuni akuarium ini. Churaumi Aquarium ini merupakan akuarium yang terbesar di Jepang.

7. Cube Oceanarium, Chengdu, China

Jika Chimelong Ocean Kingdom terlabel sebagai akuarium terbesar di dunia, maka Cube Oceanarium yang berlokasi di Chengdu ini mendapat predikat sebagai akuarium dengan kaca terbesar di dunia. Akuarium ini ditempati oleh lebih dari 30 ribu biota laut, termasuk ubur-ubur terbesar yang mungkin tidak pernah Anda lihat sebelumnya. 

8. The Seas with Nemo & Friends, Florida

Film animasi ‘Nemo’ dari Disney dijadikan inspirasi dalam pembuatan akuarium besar yang ada di Taman Hiburan Walt Disney Resort di Bay Lake, Florida. Destinasi yang dibuka pada tahun 1986 ini menjadi akuarium bawah air terbesar yang pernah ada.

Sebelum resmi bernama The Seas with & Nemo, akuarium tersebut diberi nama The Living Seas ketika pertama kali dibuka untuk umum. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya