Logo timesindonesia

5 Tradisi Unik yang Masih Dilakukan oleh Masyarakat Padang

(sumber : imanfirmansyah.com)
(sumber : imanfirmansyah.com)
Sumber :
  • timesindonesia

Disebut akan menyaingi Medan, tidak membuat Padang menghilangkan sisi uniknya sebagai kota yang mempertahankan kearifan lokal. Padang tetap menjunjung tinggi nilai budaya di tengah modernitas. Karena itu, lima tradisi berikut ini masih tetap eksis sampai sekarang.

1.    Makan Bajamba

Tradisi makan bajamba dimulai sejak Islam masuk ke tanah Sumatera Barat. Untuk melakukan tradisi tersebut, masyarakat harus menyiapkan nasi beserta lauk-pauk, seperti gulai ayam, rendang, asam padeh daging, dan terong balado.

Makan bajamba dilakukan dengan cara menyantap makanan bersama-sama sambil duduk melingkar. Satu lingkaran terdiri dari 3—7 orang. Masing-masing harus makan nasi sesuap menggunakan tangan kanan. 

Nasi tersebut dicampur lauk-pauk, lalu dimasukkan ke mulut dengan cara melempar jarak dekat. Untuk menghindari butiran nasi terjatuh, tangan kiri harus berada di bawah tangan kanan ketika makan.

Selain cara makan, posisi duduk wajib mengikuti aturan. Untuk laki-laki, harus duduk bersila dan tidak boleh membungkuk. Sementara yang perempuan, duduk bersimpuh. Setelah semua posisi tertata, mereka mesti menghabiskan makanan tanpa sisa.

2.    Batagak Kudo-Kudo