Demi Gaet Turis, Hotel Ini Tawarkan Sensasi Tradisi Khas Bali

Tradisi Makan Megibung di Bali
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dody Handoko

VIVA – Bali bukan cuma pulau yang menyimpan banyak keindahan alam. Bali juga punya beragam tradisi unik. Salah satunya tradisi Megibung. Tradisi unik ini sering pula dijadikan daya tarik tersendiri untuk menggaet wisatawan agar tertarik berlibur ke Bali.

Lucu dan Unik, Ini 7 Topi Paling Populer Sepanjang Sejarah

Dan rupanya, tradisi Megibung juga dimanfaatkan oleh sebuah hotel di Bali, Kyriad Royal Hotel, yang terletak di kawasan Seminyak, Kuta, agar lebih banyak menarik perhatian para turis untuk menginap.

Para turis yang menginap di hotel ini, bisa merasakan bagaimana serunya tradisi Megibung. Megibung adalah tradisi masyarakat Bali yang dikembangkan oleh warga di Kabupaten Karangasem. Megibung merupakan tradisi makan bersama dalam satu wadah.

BI Sediakan 208 Titik Penukaran Uang Tunai di Wilayah Bali Untuk Lebaran 2024

Tradisi ini bukan sekadar makan bersama. Ada aturan main untuk tradisi ini. Salah satunya adalah, makanan yang kita ambil menggunakan tangan tak boleh jatuh ke dalam wadah yang biasanya menggunakan tampah. Selain itu, meski kita sudah kenyang, tak boleh meninggalkan tempat duduk sepanjang teman lainnya masih menikmati hidangan.

Biasanya, megibung bisa dilakukan dengan melibatkan lima sampai enam orang. Semua yang ikut dalam tradisi itu, makan menggunakan tangan. Tradisi ini bermula ketika zaman peperangan di Bali. Untuk mempercepat proses makan dan menghitung jumlah pasukan, tradisi ini dijalankan. Tradisi ini juga dilakukan untuk mempererat tali persaudaraan.

4 ABG di Wonogiri Terluka Parah Akibat Racik Mercon Sendiri, Polisi Bilang Begini

"Konsep megibung ini kami tawarkan kepada tamu keluarga. Tentu selain sebagai bagian melestarikan tradisi budaya Bali, juga untuk memberikan experience kepada mereka yang menginap di sini," kata General Manager Kyriad Royal Hotel Seminyak, Bali, I Gusti Ngurah Arya Wirawan, Sabtu 18 Mei 2019.

Pada acara soft opening Kyriad Royal Hotel itu, ia melanjutkan, selain megibung, tradisi ngelawar juga akan menjadi atraksi yang ditawarkan kepada tamu yang menginap. Ngelawar merupakan tradisi memasak masakan Bali yang biasa dimasak di momen Hari Raya Galungan atau Kuningan. "Ya betul, selain megibung kami juga menawarkan ngelawar kepada tamu yang menginap di sini," ujarnya.

Ia menjelaskan, Kyriad Royal Hotel merupakan hotel bintang tiga yang memiliki 98 kamar. Ada lima kategori yakni superior room, deluxe room, executive room, suite room dan family room. "Rate yang kami tawarkan termurah Rp450 ribu dan paling mahal Rp1,7 juta," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya