Mau Road Trip Makin Nyaman? Ini Tipsnya

Sejumlah kendaraan pemudik melintas di tol Cipali, Palimanan, Cirebon, Jabar/Ilustrasi.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

VIVA – Tidak dipungkiri jika saat ini semakin banyak orang yang menyukai perjalanan jauh dengan kendaraan pribadi. Para traveler menyebutnya sebagai road trip, melakukan perjalanan darat ke destinasi tertentu yang biasanya menggunakan kendaraan pribadi. Road trip kini menjadi tren.

The Most Spectacular Road Trips Around the World

Banyak hal yang ternyata memicu tren road trip ini. Pertama adalah karena infrastruktur, khususnya jalan tol semakin meningkat. Apalagi ketika tol Trans Jawa dibangun.

Selain itu, pemandangan yang indah dan penduduk lokal yang ramah juga merupakan pemicu banyak orang memilih melakukan road trip. Termasuk juga kuliner sepanjang jalan dan hotel atau rest area yang dibangun senyaman mungkin.

9 Perjalanan Spektakuler Paling Diremehkan di Dunia

Mudik merupakan contoh road trip yang cukup fenomenal. Tahun ini, Kementerian Perhubungan menyebut perjalanan melalui jalur darat saat mudik 2019 mengalami peningkatan sampai 10 persen. Ini artinya, orang-orang lebih memilih untuk naik mobil ketimbang pesawat, kereta api atau kapal laut.

Dalam keterangan resmi Traveloka, menyebutkan seperti halnya perjalanan biasa, persiapan matang mesti dilakukan seseorang sebelum melakukan road trip. Pasalnya, perjalanan dengan kendaraan pribadi membutuhkan waktu yang cukup lama ketimbang pesawat. Belum lagi kondisi diri pribadi yang harus tetap fit untuk menyetir.

Cari Tempat Wisata Anti Mainstream di Singapura? Coba ke Seletar Saja

Setidaknya ada tiga hal yang harus dilakukan sebelum seseorang melakukan road trip.

1. Hiburan sangat penting

Perjalanan yang lama dan pemandangan jalan itu-itu saja, sering kali membuat kita bosan. Ini sejatinya merupakan 'musuh' road trip, yakni rasa bosan. Oleh karena itu tidak ada salahnya sebelum melakukan road trip kita men-download video atau musik yang bersemangat. Rasa bosan, rasa kantuk, biasanya akan hilang dengan sendirinya saat mendengarkan alunan lagu dari Linkin Park atau band Korea BTS.

2. Cicipi kuliner lokal

Indahnya melakukan road trip adalah perjalanan yang santai dan tak diburu waktu. Spontanitas dan fleksibilitas merupakan kunci road trip yang menyenangkan. Oleh karena itu tak perlu sungkan untuk singgah di hotel lokal, atau mencicipi kuliner khas kota tersebut. Ini sangat penting mengingat tidak semua orang bisa tidur nyenyak di dalam mobil. 

3. Keamanan berkendara

Karena road trip biasanya dilakukan untuk perjalanan jauh, maka pastikan untuk mengecek kondisi kendaraan sebelum dan selama perjalanan. Walaupun road trip adalah momen liburan, tapi sangatlah penting untuk tetap disiplin selama berkendara dan memperhatikan aspek-aspek keamanan, seperti mematuhi tanda lalu lintas, memakai sabuk pengaman, dan menghindari menyetir ketika letih.

Sebaiknya dalam sebuah road trip, ada minimal dua orang yang bisa menyetir sehingga bisa bergantian. Sisihkan waktu istirahat dengan berhenti di rest area atau menginap di hotel terdekat. Banyak hotel terbaik di Indonesia yang bertebaran dimana-mana.

Kalau semua sudah masuk dalam ceklis, sudah saatnya kamu memutuskan untuk go ahead ikut road trip.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya